Andalan Mito di kelas Android

MALANG – Identitas menjadi sangat penting untuk vendor mengenalkan produknya. Sebut saja Samsung yang mengenalkan Galaxy Series untuk perangkat Anroidnya, atau LG yang dulu sempat mengusung seri Optimus, Andromax untuk seri Smartfren atau Vandroid untuk Advan. Identitas itu juga diusung oleh Mito. Pabrikan lokal ini memilih nama Fantasy untuk perangkat Androidnya. Ada empat seri Fantasy yang sudah dikenalkan Mito kepada masyarakat, yaitu Fantasy Card, Fantasy Text, Fantasy Type dan paling baru adalah Fantasy Mini.
Promotor Mito Fiko Cahyono menjelaskan, Fantasy mini menjadi andalan Mito untuk pasar ponsel segmen menengah kebawah. Ponsel ini hadir dengan jaringan dual GSM masing-masing pada frekwensi 900/1800 MHz dan WCDMA  2100 MHz. dengan seri ini, diharapkan Mito lebih dikenal oleh masyarakat.
Sementara untuk kinerjanya, ponsel dengan Operating Sistem Android 4.2 Jelly Bean ini disokong dengan prosesor Cortex A7, Dual Core dengan kecepatan 1.3 GHz. Secara kinerja memang cukup memuaskan. Namun sayang, kinerja prosesor tersebut tidak diimbangi dengan memory RAM. Itu karena, Mito hanya membenamkan memory RAM 256 MB dan ROM 2GB. Dengan memory tersebut sudah dipastikan, perangkat ini hanya mampu mengerjakan aplikasi atau game yang bersifat ringan saja. Sedangkan game yang memiliki file besar jelas tidak bakal bisa dimainkan pada perangkat yang mengusung layar seluas 4 inci ini.
Untuk menutupi kekurangan tersebut, Mito pun mendesain perangkat ini dengan fisik yang lebih menarik. Hadir dengan bahan plastic carbonat, Mito meyediakan perangkat ini dengan tiga pilihan warna yakni hitam, putih dan biru. Dimensi 129.6 x 65.9 x 9.8 mm, yang diusung membuat ponsel seharga Rp 700 ribuan ini cukup pas saat digenggam, maupun diletakkan dalam saku.
Selain itu, Mito juga melengkapi perangkat ini dengan dua kamera. Kamera utama menggunakan lensa berkekuatan 3 megapiksel, auto fokus dan LED Flash. Sedangkan kamera kedua di bagian depan menggunakan lensa berkekuatan 2 megapiksel. “Pengguna yang suka foto selfie akan mendapatkan hasil memuaskan dengan kamera depan 2 megapiksel,’’ kata Fiko.
Sedangkan untuk koneksinya, perangkat ini sudah dilengkapi dengan Bluetooth versi 3.0, WiFi 802.11 b/g/n. “Perangkat ini juga bisa difungsikan sebagai router dengan adanya fitur Thethring,’’ katanya, sembari mengatakan fitur Thetring ini menjadi salah satu kelebihan Mito Fantasy Mini. Fiko juga mengatakan ponsel ini sudah mendukung aplikasi Baidu, Calculator,  Jam, Media Player, FM Radio, ToDo, Recorder, GPS, Maps di dalamnya. “Untuk aplikasi BBM bisa langsung didownload melalui Google Play,’’ tandas pria asal Kediri ini.(vik)