Acer Aspire 3, Tipis Namun Mempesona

MALANG –  Aspire menjadi produk andalan Acer di segmen notebook. Beberapa seri Aspire pun telah diluncurkan. Dari beberapa produk Aspire paling banyak diminati adalah P3. Aspire P3 ini tidak hanya mampu menjalankan fungsi notebook, tapi juga mampu berfungsi sebagai Ultrabook. Bahkan, perangkat ini juga mampu berfungsi sebagai tablet. Marketing SB Computer (Acer Point) Plasa Dieng, Andy Kusuma menjelaskan Aspire P3 banyak diminati karena selain berfungsi sebagai Ultrabook, Aspire P3 ini juga mampu berfungsi sebagai tablet.
“Saat layarnya menyatu dengan keyboard, perangkat ini berfungsi sebagai ultrabook. Namun saat layarnya dicabut, fungsinya pun berubah menjadi tablet, dan pengguna pun lebih leluasa saat menggunakan perangkat ini dalam kondisi mobile sekaligus,” ungkap dia. Secara produk, Andy mengatakan Acer Aspire P3 ini bukan produk baru. Namun perangkat ini ditawarkan dengan gaya dan performa yang berbeda.
Terutama dalam hal kecepatan, perangkat ini didukung prosesor Intel Core i5-3339Y Dual-Core, yang mampu berjalan dengan kecepatan maksimal  1,5GHz, dan RAM 2GB. “Sebetulnya ada dua versi untuk kecepatan prosesornya. Pertama dengan Intel Core i5-3339Y Dual-Core, kedua disokong dengan Intel Core i3-3229Y dual-core dengan kecepatan maksimal 1,4HGz,” tambahnya.  Dua prosesor ini mampu menunjukkan kinerja yang maksimal. Tidak hanya saat membuka aplikasi, tapi juga saat pengguna menggunakannya bermain game.
Tampilan layar tetap halus, warna yang dipancarkan pun tetap tajam. Memory SSD 60 GB atau 120 GB, juga mempengaruhi kecepatan perangkat ini saat digunakan membuka aplikasi. Di sisi kamera, lensa berkekuatan 5 megapiksel memberikan nilai plus Aspire P3. Acer memang tidak menambahkan LED Flash pada kamera. Namun begitu, perangkat ini mampu merekam ataupun memfoto objek dengan terang. “Kecuali di ruang yang cahayanya minim, hasilnya memang tidak maksimal,” tambah pria ini.
Sementara untuk dayanya, perangkat ini dibekali dengan baterai yang cukup tahan lama. Menurut Andy, saat digunakan secara aktif perangkat yang menggunakan operating sistem Windows 8 ini tahan hingga 6 jam.  Sedangkan untuk fisiknya, perangkat ini  hadir dengan dimensi yang tidak terlalu besar dan juga ringan. Apabila sedang dalam mode tablet, produk tersebut memiliki ketebalan hanya 9,95 mm. Beratnya pun hanya 800 gram. (vik/mar)