Daya Baterai Hemat Berkat Layar TFT

MALANG – Baterai menjadi komponen penting untuk perangkat seluler mengingat keberadaannya menjadi penentu daya ponsel. Kondisi itulah yang dijadikan Sony untuk menciptakan Sony Xperia Z1 Compact. Meskipun hanya disokong dengan baterai berkapasitas 2300 mAh, namun perangkat baru ciptaan Sony mampu hidup selama 20 jam untuk penggunaan aktif.  
Promotor Sony Mobile, Erlinda Tri Susanti menjelaskan, baterai yang ditanam Sony pada Sony Xperia Z1 Compact sebetulnya memiliki kapasitas yang biasa. Bahkan dibanding sang kakak, Xperia Z1 yang memiliki kapasitas baterai 3000 mAh jelas baterai Z1 Compact lebih kecil. Lalu apa yang menjadikan baterai Sony Xperia Z1 Compact ini lebih tahan lama? “Layar Xperia Z1 Compact lebih sempit, resolusinya juga lebih kecil,” kata perempuan yang akrab disapa Linda ini.
Promotor yang memiliki wilayah tugas di pertokoan Tiga Putra ini menjelaskan, Sony Xperia Z1 Compact hanya dibekali dengan layar jenis TFT, seluas 4.3 inci. Meskipun didukung dengan 16 juta warna, namun layar tersebut hanya memiliki tingkat kecerahan 1.280x720p. Hal ini jelas berbeda dengan layar sang kakak, yang memiliki luas 5 inci dan dibekali dengan teknologi full HD. “Layar menjadi penyebab utama terkurasnya daya baterai. Umumnya, pengguna ponsel Android akan mengurangi tingkat kecerahan layarnya, untuk mengirit daya tahan baterai,” katanya.
Selain layar, yang membuat perangkat ini lebih irit baterai adalah mesinnya. Pada perangkat baru ini Sony menanamkan mesin milik Qualcomm terbaru yaitu  MSM8974 Snapdragon 800. Mesin ini diklaim tidak banyak menguras tenaga baterai, meskipun memiliki kemampuan Quad Core dengan kecepatan masing-masing 2.2 GHz. “Prosesornya tidak berbeda dengan Sony Xperia Z1. Setidaknya dalam segi kecepatan atau performanya, keduanya tetap bisa diandalkan,’’ urainya.
Sementara untuk spesifikasi lainnya, ponsel ini mendukung sistem operasional Android 4.3 Jelly Bean yang dapat di upgrade menjadi Android 4.4 KitKat. Ponsel ini memiliki dimensi 127 x 64.9 x 9.5 mm  dengan total berat  137 gram. perangkat ini didukung dengan memory RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Ponsel ini juga mendukung berbagai fitur eksclusif milik Sony yaitu yaitu Walkman, PlayStation Mobile, Reader by Sony, TrackID, TrackTV, Smart Connect, dan Xperia Care. (vik/nda)