Transfer Musik Kini Tak Perlu Lewat iTunes

MALANG –  Pengguna iPhone dan iPad  kini tidak perlu repot saat ingin melakukan transfer data. Itu seiring dengan adanya sebuah aksesoris pendukung bernama i-Spread. Perangkat yang memiliki bentuk seperti Flashdisk ini mampu mentransfer data dari micro SD ke ponsel dengan hanya satu sentuhan saja. Mulai dari foto, musik, video dan lainnya.
Marketing iFind Mall Olympic Garden (MOG)  Jefri Gigih menjelaskan, i-Spread menjadi solusi pengguna iDevice agar terbebas dari iTunes.
“Jika selama ini untuk mendapatkan lagu kita harus lebih dulu masuk ke iTunes, menggunakan i-Spread  tidak perlu lagi,’’ kata pria asal Banyuwangi ini.
Pengguna yang ingin mentransfer data, cukup menyimpan lagu ke micro SD, selanjutnya memasukkan micro SD tersebut pada i-Spread yang sudah tersambung pada iDevice.  Namum begitu, Jefri mengatakan pengguna iDevice harus lebih dulu menginstal aplikasi bernama iFlash sebagai pendukung iSpread. “iDevice seketika mendeteksi file, yang terdapat pada micro SD, dan saat itu juga data dapat ditransfer
dengan bantuan aplikasi pendukung bernama iFlash,’’ urai pria berkacamata minus ini.
Bahkan, tidak hanya mampu mengkopi data dari luar, menggunakan i-Spread ini pengguna juga bisa mengkopi data dari ponsel untuk dimasukkan ke dalam PC atau perangkat lain. Jefri pun mencontohkan saat itu akan ada rapat, namun lupa membawa notebook . Yang dibawa hanya iPad dan flashdisk yang berisi file2 dokumen word dan i-Spread. Tidak perlu repot, cukup mengkoneksikan iSpread ke iPad memasukkan flasdisk ke i-Sperad. Kemudian mengkoneksikan pada layar OHP. Rapat dengan memberikan data-data pun bisa langsung ditayangkan pada layar.
“i-Spread ini hanya konektor transfernya saja. Untuk penyimpan datanya ada pada micro SD, atau Flasdisk,’’ kata Jefri yang mengatakan i-Spread ini mampu mendeteksi micro SD berkapasitas hingga 64 GB.
i-Spread sendiri diciptakan dengan dua versi. Versi pertama adalah Lightning, dapat digunakan pada iPhone 5 ke atas, iPad 4, iPad Air dan iPad mini. Sedangkan versi kedua adalah versi 30 PIN, yang dapat dikoneksikan dengan iPhone 3G ke atas, iPad 1-3. “Bedanya hanya pada port, yang disesuaikan dengan port pada iDevice. Untuk fungsinya sama,’’ tambah pria bertubuh tinggi besar ini.
Namun begitu, meskipun sangat memudahkan, tidak semua pengguna iDevice membeli i-Spread ini. Itu karena perangkat ini dibanderol cukup mahal, yaitu Rp 1 jutaan. (vik/fia)