Tripod Tokora, Alternatif Pengganti Tongsis

MALANG – Bagi fotografer, kata tripod memang tidak asing. Perangkat ini sering dibawa saat para fotografer melakukan hunting foto. Namun begitu, belakangan tripot tidak hanya hadir untuk kamera profesional, tapi juga berfungsi untuk kamera ponsel. Salah satu pabrikan yang menyediakan tripot untuk kamera ponsel adalah Tokara. Pabrikan yang cukup getol menciptakan aksesoris kamera ini mengenalkan tripod berbentuk mini yang dilengkapi dengan bricket khusus sebagai penyangga ponsel.
Secara fisik jelas, meskipun sangat mini namun tripod Tokara ini lebih kuat. Tiga kaki terbuat dari besi stainless mampu menyangga beban ponsel, bahkan ponsel yang paling berat sekalipun. Bukan itu saja, menggunakan tripod menjepret foto juga lebih efisien, karena pengguna bisa bebas bergaya tanpa perlu memeganginya.
“Kecuali saat ingin mengambil gambar dari atas, tripod bisa dipegangi,’’ kata Marketing Gudang Kamera, Plaza Dieng, Anna Choirani.
Layaknya monopod yang sekarang berkembang namanya menjadi tongkat narsis atau tongsis, tripod Tokara ini juga mampu dipanjangkan hingga satu meter sehingga sangat memudahkan pengguna saat ini mengambil gambar diri sendiri.
Pengguna juga tidak akan kesulitan saat memegang tripod, lantaran semua besi penyangga dapat di rapatkan sehingga pengguna siap untuk mengambil gambar dengan nyaman. Sedangkan bricked atau penyangga ponsel sendiri juga fleksibel, artinya selain bisa menyesuaikan diri dengan ukuran ponsel, bricked tersebut juga dapat diputar sesuai arah yang diinginkan.
“Bricked yang disertakan sangat kuat. Bahkan, bisa untuk menyangga tablet,’’ tambah Anna, yang mengatakan untuk tripodnya sendiri, Tokara menyediakan beberapa pilihan warna. Mulai dari pink, biru muda, hijau muda, merah, putih, hitam dan masih banyak lagi.
Anna juga mengatakan, selain dapat digunakan untuk kamera ponsel tripod ini juga dapat digunakan untuk kamera pocket. Penggunaannya pun sama, hanya saja jika menggunakan kamera pocked tidak perlu memasang bricked. Kamera cukup diletakkan di bagian atas kemudian menguncinya dengan mur. Sementara untuk harganya, tripod tokara ini dijual dengan harga Rp 150 ribuan. (vik/fia)