Casio G Shock Dilengkapi Bluetooth

MALANG  –   Selain Samsung, Apple dan Sony, pabrikan jam tangan asal Jepang yaitu Casio juga menciptakan jam tangan dengan teknologi bluetooth. Seperti Smart Watch dari Sony, Galaxy Gear besutan Samsung atau iWatch milik Apple, jam tangan Casio ini juga mampu terkoneksi dengan ponsel pintar milik penggunanya.
Sedikitnya ada lima seri jam tangan Casio yang dilengkapi dengan bluetooth. Yakni G-Shock seri GB-5600AB-1, GB-5600AB-1A, GB-5600AB-7, GB6900AA, GB 6900B And GB X6900B dan masih banyak lagi. Head Store Watch Club Mall Olympic Garden, Mulyono menjelaskan, Casio G Shock mulai dikenalkan pada 2012 lalu. Yaitu dimulai dari versi GB5600AB.
“Saat itu langsung ada tiga versi sekaligus, yaitu GB5600AB-1, GB5600AB-1A, GB5600AB-7,’’ kata pria dengan asal Malang ini. Masing-masing versi hanya dibedakan pada bentuk perangkat.
Meskipun tidak tampil elegan layaknya jam tangan yang diciptakan vendor cellular namun Casio G Shock cukup menarik perhatian. Perangkat yang lebih mengutamakan fungsi sebagai penunjuk waktu ini cukup laris manis. Namun begitu, Mulyono mengatakan saat kali pertama muncul banyak penggunanya menaruh kecewa, lantaran bluetooth tidak bisa terkoneksi dengan ponsel pengguna.
“Ketiganya dilengkapi dengan bluetooth versi 4.0, yang irit daya. Versi itu hanya mampu terkoneksi dengan bluetooth sekelasnya, sehingga ponsel yang belum mendukung bluetooth versi tersebut tidak bisa terkoneksi,’’ katanya.
Kondisi tersebut tidak berlangsung lama, karena beberapa vendor kemudian menciptakan ponsel dengan teknologi Bluetooth versi 4.0.
Melihat antusias pembelian jam tangan tersebut, Casio pun kian serius, dengan menciptakan beberapa seri lainnya. Seperti jam tangan dengan bluetooth lainnya, Casio G Shock ini mampu terkoneksi dengan hampir semua fungsi ponsel. Perangkat ini bisa memberikan notifikasi baik panggilan atau pesan masuk, saat ponsel berada di dalam tas. Namun begitu, karena belum dibekali dengan teknologi getar, Casio G Shock hanya mampu mengeluarkan dering saja.
“Meskipun ponsel berada di dalam tas, atau dalam ruangan yang berbeda, pengguna masih tetap bisa mengetahui ada panggilan atau pesan masuk saat menggunakan jam tangan tersebut,’’ urainya.
Yang menarik lagi, meskipun tersambung dengan ponsel, harga jam tangan Casio G Shock ini juga tidak semahal jam tangan besutan vendor cellular. Perangkat yang memiliki ketahanan air hingga ke dalaman 200 meter ini hanya dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan saja.
“Seperti produk Casio pada umumnya, jam tangan G Shock, Bluetooth ini juga bergaransi internasional selama satu tahun,’’ tandas Mulyono.(vik/fia)