BlackBerry Jakarta Disambut Hangat di Malang

MALANG – Setelah launching beberapa waktu lalu, fisik BlackBerry Z3 mulai menghiasi etalase outlet penjualan ponsel di Malang Raya. Seperti di Indocell, Jalan BS Riadi, ponsel dengan layar 5 inci ini telah nongol sejak beberapa hari lalu dengan harga Rp 2 jutaan.
Owner Indocell, Jimmy Etmada menguraikan, dibandingkan dengan perangkat BlackBerry lain,  Jakarta (Sebutan BlackBerry Z3) mendapat animo sangat tinggi. Itu terbukti, pihaknya mampu menjual Jakarta 50 unit dalam waktu hanya dua jam saja.
“Luar biasa respon dari masyarakat. Begitu  gambar unit Jakarta saya unggah di Facebook, banyak pembeli yang berdatangan. Ini berbeda dengan BlackBerry lainnya,’’ kata Jimmy.
Tingginya animo masyarakat terkait BlackBerry Jakarta ini dikatakan oleh Jimmy karena ada beberapa faktor. Pertama adalah, perangkat ini dibekali dengan Operating Sistem (OS) BlackBerry 10, dimana OS tersebut sangat mendukung sekaligus menyimpan berbagai file APK Android.
“Dengan OS BlackBerry 10, pengguna bisa mengunduh berbagai aplikasi berbasis Android, ‘’ katanya.
Selain OS yang bebreda dengan keluarga BlackBerry, Jakarta juga mampu menarik perhatian pasar berkat desain yang cukup menarik. Pada perangkat barunya ini, alih-alih memakai casing plastik yang ringan, BlackBerry justru membungkusnya dengan bahan logam yang relative lebih berat namun memberi kesan lebih mewah.
Desain kotak menjadi ciri khas BlackBerry untuk Jakarta.  Bedanya, dengan Z10 dan Z30 yang memiliki sudut lengkung, Z3 hadir dengan sudut yang lancip untuk memperkuat kesan tegas. “Memang casing berbahan logam, tapi tak akan licin saat digenggam karena lapisan bodi Jakarta dibuat bermotif,” urai Jimmy.
Sementara di bagian depan, ponsel ini terlihat menarik. Layar seluas 5 inci membentang penuh hampir di seluruh bagian depan ponsel. Seperti pada Z10 dan Z30, Blackberry menuliskan mereknya di bagian bawah layar.  Tampilan layar ponsel baru ini terlihat sama persis dengan BlackBerry Z10. Icon menu yang diusung sama sekali tidak ada perubahan.  
 Nama Jakarta sendiri tertulis di belakang sebelah kanan bodi ponsel. Memang tidak terlalu terlihat, karena tulisan menggunakan warna yang sedikit transparan.  Di bagian belakang lainnya, diterangkan pria asal Kalimantan ini terdapat kamera lengkap dengan flash di bagian kiri, logo BlackBerry di tengah belakang, dan bawahnya terdapat lubang untuk speaker.Tombol on/off BlackBerry ditempatkan BlackBerry samping kiri. Posisi tersebut ini sangat memudahkan saat pengguna melakukan aktifitas pada perangkat tersebut.
Sementara untuk kinerjanya perangkat ini dibekali dengan prosesor milik Qualcomm MSM8230 Snapdragon 400,  Dual Core berkecepatan 1.2 GHz Krait 200. Kinerja ponsel kian cepat dengan adanya dukungan memory  RAM berkapasitas 1.5  GB.
“Memori internalnya menggunakan 8 GB,’’ urainya. Sedangkan untuk kameranya, perangkat ini dibekali dengan dua kamera. Masing-masing 5 megapiksel untuk kamera utamanya, dan 1.1 megapiksel pada kamera keduanya. Ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2500 mAh.
Dalam paket penjualannya, selain unit Z3, BlackBerry juga menyertakan satu unit charger travel, kabel data, dan ear phone BlackBerry. (vik/fia)