Nokia XL Siap Meluncur

MALANG – Nokia XL siap hadir di pasar gadget Malang Raya, awal bulan depan. Nokia XL hadir untuk melengkapi seri X sebelumnya.  Ponsel  dengan sistem operasi Android 4.1.2 (Jelly Bean) yang telah dimodifikasi oleh Nokia ini, kali pertama dikenalkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 di Bercelona, bulan Februari lalu. Kehadirannya bersamaan dengan dua seri X lainnya, yaitu Nokia X dan Nokia X+.  “Informasinya, awal  bulan ini sudah ready di Malang,” tutur  Team Leader Erafone Mall Olympic Garden (MOG), Arie Kurnianto.
Dia menjelaskan, secara fisik Nokia XL berbeda jauh dengan Nokia X. Selain mengusung bodi lebih besar, ponsel baru ini juga telah didukung dengan memory RAM yang mumpuni.  Sehingga kinerjanya lebih cepat dibandingkan Nokia X yang lebih dulu dikenalkan.  “Nokia X hanya mendukung memory RAM 512 MB, sedangkan Nokia XL mendukung memory RAM 768 MB,” terangnya. Sedangkan untuk prosesornya, tidak ada perbedaan dengan seri Nokia X yang sudah beredar sebelumnya.
Perangkat ini dibekali dengan prosesor Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play jenis Dual Core,  Cortex-A5 dan memiliki kecepatan 1 GHz. Di sisi kamera, Nokia XL tidak berbeda dengan Nokia seri X lainnya. Nokia  XL dibekali dengan kamera utama 5 megapiksel namun sudah dilengkapi dengan LED Flash. “Selain itu, Nokia juga membekali perangkat itu dengan kamera depan, sehingga sangat memudahkan pengguna saat melakukan video chatting ataupun foto selfie,” papar pria asli Surabaya itu.
Perbedaan paling mendasar sebetulnya dikatakan Arie, sapaannya adalah pada layar. Seri Nokia XL ini dibekali dengan layar seluas 5 inci. Luas layar memang lebih jumbo dibandingkan Nokia X yang hanya mengusung layar 4 inci. Namun karena mengusung layar yang sama yaitu jenis IPS, tampilan Nokia X dan Nokia XL pun terlihat sangat mirip.  “Di sisi baterai, Nokia XL memiliki kapasitas lebih besar. Yakni 2000 mAh. Nokia X lainnya hanya disokong baterai berkapasitas 1500 mAh,” ungkap dia.
Pria ini juga mengatakan, dengan kapasitas baterai tersebut, Nokia XL mampu bertahan hidup hingga 720 jam dalam kondisi stand by. Sedangkan untuk talktime perangkat ini mampu bertahan hingga 16 jam pada jaringan 2G atau 13 jam pada jaringan 3G. Sementara untuk fitur lainnya pun tidak ada perubahan. Nokia meniadakan beberapa fitur Android, seperti Gmail, Youtube, Google Maps, Hangouts, Play Store, hingga jejaring sosial Google+. Untuk marketnya Nokia hanya memasang menu store pada Nokia XL. (vik/mar)