Tangguh di Segala Kondisi

MALANG – Motorola Defy Mini memang bukan barang baru. Namun begitu, ponsel dengan serial number XT321 ini tetap banyak dilirik. Terutama para petualang. Alasannya tak lain karena, selain tampil modis dengan layar sentuh, perangkat ini juga dibekali dengan teknologi tahan air dan debu. Keberadaannya pun bersaing dengan Sony Xperia Go yang juga mengusung teknologi serupa. Hanya saja, Xperia Go sendiri dibanderol dengan harga lebih mahal yaitu di atas Rp 2 jutaan, sehingga konsumen banyak memilih Defy Mini yang dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan.
“Dari segi harga Motorola Defy Mini memang lebih terjangkau dibandingkan ponsel touchscreen yang mengusung teknologi tahan debu dan tahan air lainnya,’’ kata Marketing  Karna Jaya Cell,  Fitri Hidayah. Meskipun tidak menjelaskan secara detail kemampuan perangkat saat digunakan menyelam, namun Fitri mengatakan, setidaknya pengguna tmasih tetap bisa menggunakan perangkat ini  di bawah guyuran hujan.
“Kerap kali orang enggan mengeluarkan ponsel saat hujan. Namun dengan Defy mini semua itu sangat mungkin dilakukan. Lapisan karet di dalam ponsel mampu menahan air tidak masuk dalam mesin ponsel, sehingga sama sekali tidak merusak jaringan atau komponen di dalam mesin,’’ urai Fitri.
Sementara untuk spesifikasinya sendiri, Fitri mengatakan ponsel ini hadir dengan bentuk sangat imut. Layar seluas 4 inci memberikan sedikit ruang pengguna untuk melakukan aktifitas. Namun begitu, ponsel ini sudah mendukung dual mode GSM-GSM, salah satunya mendukung jaringan 3G HSDPA, yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menjelajah internet. Untuk pengguna yang irit juga bisa memafaatkan fitur wifi hotspot.
“Layarnya sudah didukung dengan gorilla glass, sehingga mampu melindungi dari berbagai goresan kecil,’’ kata Fitri.
Sementara untuk kinerjanya, wanita asal Malang ini mengatakan Motorla Defy Mini tidak ubahnya ponsel yang dibekali dengan prosesor Dual Core pada umumnya. Kecepatan yang ditawarkan masing-masing prosesor adalah 1.2 GHz. Kecepatan ini cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi dari Operating Sistem Android 4.2 Jelly Bean. “Kinerja prosesor dibantu dengan memory RAM 512 MB. Untuk aplikasi kelas ringan memang tidak masalah, namun untuk aplikasi atau game kelas berat,pengguna akan sering menemukan lag,’’ urai Fitri.
Perangkat ini juga didukung dengan koneksifitas bluetooth yang memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan transfer data. Selain itu perangkat ini juga mendukung FM Radio, GPS dan sudah dibekali dengan aplikasi Adobe flash player, yang memudahkan pengguna untuk menonton film.
“Ponsel ini sudah dibekali dengan kamera dengan resolusi 3 megapiksel. Resolusi tersebut memang cukup kecil. Namun pengguna bisa mengambil objek gambar dengan baik, lantaran Motorola juga menambahkan lampu LED flash di bagian belakang ponsel,’’ tandasnya.(vik/fia)