Smartphone yang Tak ‘Kecanduan’ Charger

MALANG – Lenovo kian serius mengenalkan ponsel dengan kapasitas baterai tahan lama. Terbukti setelah mengenalkan Lenovo S660 yang mengusung baterai berkapasitas 3000 mAh, kini pabrikan asal Negeri Tirai Bambu ini mengenalkan S860. Ponsel baru ini didukung dengan baterai berkapasitas 4000 mAh.  Tak pelak, kehadirannya pun menyaingi ponsel Lenovo seri P, yang diciptakan khusus dengan baterai berkapasitas besar.  
“Lenovo P770 memiliki kapasitas baterai 3500 mAh, yang tahan hingga 29 jam kondisi talktime, dan 644 jam stand by. Sedangkan Lenovo P780 memiliki kapasitas baterai 4000 mAh, mampu bertahan hingga 43 jam untuk talk time dan 840 jam stand by,’’ jelas Customer Service Global Teleshop, Silvy Novita kemarin (25/5). Dia juga menguraikan dengan kapasitas baterai yang sangat besar tersebut, S860 mampu bertahan layaknya seri P780 yang memiliki kapasitas baterai serupa.
Namun begitu, meski baterai yang diusung besar, Lenovo mendesain baterai tersebut unibody, alias tidak bisa dilepas. Sehingga, saat baterai habis, atau drop pengguna pun harus mendatangi service center, untuk mengganti baterai.
“Konsep baterai yang tidak removable meniru Apple untuk berbagai produk iPhone, iPad, ataupun iPod. Biasanya, baterai yang unibody lebih tahan lama dibandingkan dengan yang dapat dilepas,’’ tambah wanita asal Singosari ini.
Selain baterai yang berkapasitas besar, kelebihan lain dari Lenovo S820 ini, yaitu hadir sebagai ponsel dual Sim GSM-GSM. Ponsel ini memiliki desain yang sangat stylish. Dengan tubuh yang dibalut bahan metal berwarna abu-abu, kehadirannya pun terkesan sangat mewah. Sementara untuk interfacenya, ponsel ini mengusung layar seluas 5.3 inci. Seperti seri S lainnya, Lenovo mendukung layar S860 ini dengan layar jenis IPS. Kualitas HD yang ditanam menghadirkan resolusi 720 x 1280 piksel.
Kinerja ponsel ini juga tidak perlu diragukan. Itu karena Lenovo mendukung perangkat ini dengan prosesor miliki MediaTek,  Quad Core memiliki kecepatan masing-masing 1.3 GHz. Prosesor empat inti ini juga didukung dengan memory RAM berkapasitas 2 GB. Kolaborasi kinerja keduanya menghasilkan kinerja yang luar biasa.
Sedangkan untuk kamera, S860 ini tidak berbeda dengan ponsel seri S lainnya. Itu karena Lenovo hanya menyokongnya dengan lensa 8 megapiksel  untuk kamera utamanya. Sedangkan bagian depanny,a Lenovo mendukungnya dengan lensa 2 megapiksel. Dua kamera yang diusung ini tidak hanya mampu menjepret foto, namun juga merekam video HD. Ponsel ini juga dibekali dengan wadah penyimpanan seluas 16 GB.
“Kelebihan lainnya, perangkat ini sudah include beberapa aplikasi besutan Lenovo seperti SHAREit, SYNCit, SEEit, dan masih banyak lagi,’’ tandas Silvy yang mengatakan perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 3.9 jutaan.(vik/fia)