Fitur LG G2 Ekspansi ke L90

MALANG – LG L90 menjadi ponsel yang banyak dilirik para pecinta smartphone. Bahkan dibanding dengan dua saudaranya, yakni LG L40 dan LG L70, ponsel dengan luas layar 4.7 inci inilah yang lebih laris. Promotor LG, Azizah menjelaskan, selain spesifikasi yang lebih tinggi, LG L90 memiliki lebih banyak fitur dibandingkan seri  L lain.
 “Ada tambahan fitur, yakni Time Catch Shot pada camera, aplikasi ini tidak terdapat di L40 dan L70,’’ kata Azizah.
Time Catch Shot, sendiri merupakan fitur yang dikembangkan LG, memiliki fungsi seperti self timer pada kamera. Awalnya fitur ini ditanam LG di seri G2, yang menjadi ponsel premium LG. Menurut Azizah, dengan fitur ini, pengguna ponsel akan sangat dimudahkan saat ingin menjepret foto, terutama mereka yang suka foto narsis.
“Dengan adanya fitur ini, pengguna L90 tidak membutuhkan lagi yang namanya tombol shutter. Cukup memastikan posisi kamera, dengan gaya yang dipilih, foto dengan background sesuai keinginan bisa langsung terekam,’’ katanya. Lebih menarik lagi kata Azizah  fitur ini tidak hanya berlaku untuk kamera utama di belakang yang memiliki resolusi 8 MP. Namun fitur ini juga digunakan untuk kamera depan yang berjenis VGA.
Sementara fitur lain yang terdapat pada ponsel ini adalah Clip Tray. Fitur ini yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan gambar atau file tertentu dalam email. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melampirkan foto atau data dalam email dengan mudah. Seperti  Time Cath Shot, fitur ini sebelumnya juga diusung pada LG G2. “Sedikitnya ada 11 fitur pada LG G2 yang ditanamkan pada L90,’’ katanya.
Selain itu, ada pula Guest Mode yang membatasi akses pengguna pada hanya beberapa aplikasi tertentu saja yang telah di tentukan oleh pemilik, fitur Slide Aside, yaitu berfungsi untuk memberikan kemudahan multi tasking berpindah aplikasi dengan menggunakan gerakan tiga jari bersamaan dalam mengeser pada layar. Fitur ini otomatis menyimpan 3 aplikasi yang sering di gunakan. Capture Plus untuk menyimpan satu halaman penuh web termasuk bagian halaman yang tidak tertampil di layar.
Ada juga Voice Mate yang bisa membuat user merasa memiliki asisten pribadi melalui kekuatan suara.OIS Camera  untuk menghilangkan distorsi hasil gambar kabur (blur) pada foto dan shaking pada video. Fitur ini memberikan jaminan pada hasil gambar yang tajam dengan tingkat kecerahan sangat baik.
“Ponsel ini juga didukung dengan fitur Quick Remote, yang berfungsi sebagai remote control bagi perangkat elektronik di rumah dan Rear Key untuk mengontrol volume dan mengaktifkan smartphone dengan jari telunjuk yang terletak tepat di bawah lensa kamera,’’ urainya, yang mengatakan beberapa fitur tersebut juga tertanam pada L40 dan L70.
Azizah mengatakan L90 dirancang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari L70 dan L40. Perangkat ini bekerja dengan prosesor Quad Core. Dimensinya pun lebih besar yaitu 131.55 x 66.02 x 9.65 mm. Ponsel ini bekerja dengan operating sistem Android KitKat.
Layar yang diusung seluas 4.7 inci, dibekali dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel dengan kepadatan warna 235 ppi. Untuk harganya, perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 2.999.000.(vik/fia)