Kreasi Cerita dengan Nokia Story Teller

MALANG – Selain gencar mengenalkan seri X, Nokia juga cukup getol mengenalkan phablet besutannya. Seperti diketahui, akhir tahun 2013 lalu, Nokia menciptakan dua phablet sekaligus, yakni Lumia 1520 dan Lumia 1320. Keduanya merupakan perangkat seluler mengusung layar seluas 6 inci, dan berjalan pada operating sistem Windows Phone 8.
“Ukuran layarnya memang sama, tapi spesifikasinya berbeda,’’ kata Customer Service Erafone, Dina Mariana, yang mengatakan Lumia 1320 untuk menjangkau segmen pasar menengah dengan harga jual yang lebih terjangkau, sementara Lumia 1520 diposisikan di kelas atas atau kelas premium.
Dia pun menjelaskan, Nokia Lumia 1520 merupakan phablet Windows Phone 8 tercanggih  yang hadir dengan layar sentuh super sensitif yang dapat dinavigasikan dengan sarung tangan atau kuku. Layarnya telah dilindungi lapisan kaca Gorilla Glass 2 mengusung resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel.
Kinerjanya dipercayakan pada prosesor Quad Core Snapdragon 800 2.2GHz dengan dukungan RAM sebesar 2GB dan ruang penyimpanan internal 32GB. Nokia juga telah menyediakan slot kartu memori SD dengan dukungan kapasitas memori hingga 64GB dan jatah 7GB di Microsoft SkyDrive.
Perangkat ini juga mendukung kamera berteknologi PureView beresolusi 20 megapixel dan optik lensa dari pabrikan Carl Zeiss. Pengambilan foto dengan kameranya akan lebih optimal dengan hadirnya fitur optical image stabilization (OIS) dan kemampuan zoom lensa yang telah ditingkatkan dengan dukungan aplikasi kamera terbaru Nokia, Nokia Camera. Dengan teknologi oversampling yang sama seperti Nokia Pureview lainnya, hasil foto akan lebih optimal jika diambil pada setting resolusi yang lebih rendah, misalnya pada 5 megapixel atau 8 megapixel.
“Yang membuat Lumia 1520 dan Lumia 1320 berbeda karena Nokia melengkapinya  dengan aplikasi Nokia Storyteller dan Nokia Beamer,’’ katanya.
Nokia Storyteller, ditawarkan untuk pengguna yang suka berkreasi. Aplikasi ini akan membantu penggunanya untuk menciptakan cerita menarik menggunakan foto yang telah diambil sebelumnya.
“Aplikasi ini memanfaatkan fitur geotagging yang menandai lokasi pengambilan foto untuk membuat cerita secara otomatis. Jadi setiap pengguna berada di satu lokasi, Nokia HERE akan menandakan lokasi tersebut di peta dan seluruh hasil foto yang dibidik di lokasi tersebut akan langsung dikelompokkan pada satu folder berdasarkan lokasi tersebut,’’ kata Dina.
Wanita berambut panjang ini juga mengatakan aplikasi Nokia Story Teller juga sangat interaktif. Aplikasi ini dapat secara otomatis menampilkan hasil foto lewat animasi yang menarik dan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi kontak hingga mencari spot yang menarik lengkap dengan ulasannya.
Dua perangkat ini dapat membuat video singkat dan langsung dapat dibagikan ke akun sosial lewat Instagram yang sudah tersedia untuk Windows Phone 8 atau Twitter Vine yang akan hadir untuk Windows Phone dalam waktu dekat. Tapi begitu, untuk video, Lumia 1520 mampu merekam video pada resolusi Full HD. Juga ada fitur Nokia Rich Recording yang memanfaatkan dukungan empat buah mikrofon untuk hasil video dengan suara lebih jernih.
Untuk memudahkan pengguna berbagi file, Nokia telah menyiapkan aplikasi bernama Nokia Beamer. Aplikasi ini, pengguna dapat berbagi foto, konten dan peta dengan cara mengirimkan link lewat sosial media, email atau SMS hingga berbagi tampilan viewfinder dari Nokia Lumia ke layar apa saja. Nokia Lumia 1520 juga tambah istimewa dengan hadirnya aplikasi Papyrus untuk membuat catatan dengan gestur jari yang hadir pertama kali untuk Windows Phone.
Sementara untuk Nokia Lumia 1320 yang dibanderol dengan harga lebih terjangkau memiliki spesifikasi lebih rendah. Seperti  layar sentuh super sensitif 6 inci yang dipasang  hanya mampu memberikan resolusi HD 720p. Namun begitu, layar Lumia 1320 ini telah dilindungi dengan Gorilla Glass terbaru, Gorilla Glass 3.
Performanya ditenagai oleh prosesor Dual Core Qualcomm Snapdragon 400 1.7Ghz serta RAM sebesar 1GB dan memori internal 8GB. Sama seperti Nokia 1520, Nokia 1320 juga mendukung penggunaan kartu memori SD hingga kapasitas 64GB dan tersedia ruang penyimpanan berbasis cloud, Nokia Skyrdrive berkapasitas 7GB untuk memperluas ruang penyimpanannya. “Lumia 1520 dibanderol dengan harga Rp 8.5 jutaan, sedangkan Lumia 1320 dibanderol dengan harga Rp 3.9 jutaan,’’ tandas Dina.(vik/fia)