Siap-siap, Zenfone Series Kembali Beredar

MALANG – Setelah beberaa pekan ‘menghilang’, ponsel Zenfone series bakal kembali hadir di pasar Malang Raya. Ponsel besutan Asus ini sebenarnya sudah diedarkan awal Mei lalu. Namun peredaran tiga ponsel yang terdiri dari Zenfone 4, Zenfone 5 dan Zenfone 6 tersebut masih belum merata serta jumlahnya masih sangat terbatas. Kondisi ini membuatnya semakin diburu oleh user, khususnya kalangan menengah.
Owner Indocell Jimmy Etmada, salah satu distiributor ponsel Asus Zenfone mengatakan pada awal Mei lalu, pihaknya sempat mendatangkan ponsel ini. Kehadiran ponsel ini ternyata sangat mengejutkan. Sebab pendatang baru tersebut langsung. “Mei lalu kami mendapat sekitar 200 unit, untuk tiga versi Zenfone. Semuanya ludes terjual tidak lebih dari 3 hari,” urainya.
Jimmy mengaku, larisnya produk Zenfone ini lantaran Asus membekali tiga perangkatnya itu dengan spesifikasi yang istimewa. Seperti Zenfone 4. Di kelasnya, ponsel ini tampil di peringkat teratas. Bahkan jika dibanding dengan Lenovo A516, jauh lebih tinggi.
Asus Zenfone 4 dibekali dengan layar 4 inci. Tidak seperti ponsel lokal kebanyakan yang mengandalkan layar jenis LCD TFT, Asus justru memilih material layar jenis LED Backlit, lengkap dengan perlindungan Gorilla Glass 3. Untuk kinerjanya, Asus mempercayakan prosesor Intel Atom Z2520, dengan kecepatan 1.2 GHz, yang dipadu dengan memory RAM 1 GB. Memori internalnya tersedia wadah 8 GB.
Yang menarik, lanjut Jimmy, ponsel berdimensi 124.4 x 61.4 x 6.3 mm ini berjalan dengan operating sistem Android 4.3 Jelly Bean, yang dapat diupgrade ke Android 4.4 KitKat. Sedangkan urusan fotografi, perangkat ini dilengkapi dengan dua kamera sekaligus. Kamera belakang, Asus menempelkan lensa berkekuatan 5 megapiksel. Sedangkan di bagian depan, Asus menanamkan kamera 0.3 megapiksel. Selain itu, perangkat ini juga mendukung port dual SIM, artinya pengguna bisa menggunakan dua SIM Card sekaligus. Kedua port tersebut telah mendukung jaringan 3G.
Sementara untuk Asus Zenfone 5, meskipun memiliki spesifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan ponsel sekelasnya, namun dibanding dengan dua kembarannya, spesifikasi  perangkat ini terlihat sangat nanggung. Menurut Jimmy, Zenfones 5 dibekali dengan layar 5 inci. Layar yang ditanam adalah jenis IPS, dengan perlindungan Gorilla Glass 3.
Sama seperti Zenfone 4, pada ponsel berdimensi 148.2 x 72.8 x 5.5 ini, Asus juga menanamkan prosesor jenis Intel Atom. Hanya, kecepatan kerjanya berbeda. Jika Zenfone 4 memiliki kecepatan 1.2 GHz, sedangkan prosesor Zenfone 5  memiliki kecepatan 1.6 GHz.
Perbedaan lain dengan Zenfone 4 adalah kameranya. Menurutnya, Asus menanamkan lensa berkekuatan 8 megapiksel dengan aperture f/2.0 untuk kamera belakangnya. Tidak main-main, Asus juga memberikan lima elemen lapisan lensa sekaligus sehingga hasil foto kamera Zenfone 5 ini lebih terang. Sementara untuk kamera depannya Asus menanamkan lensa berkekuatan 2 MP.
Terakhir adalah Zenfone 6. Seperti namanya, ponsel ini dilengkapi dengan layar seluas 6 inci. Layar yang ditanam  sama seperti Zenfone 5 , yakni jenis IPS dilindungi dengan gorilla glass 3. Kinerja ponsel ini juga disokong dengan prosesor Intel Atom Z2580 dengan kecepatan 2 GHz. Memory RAM 2 GB kian membuat kinerja ponsel yang akan dibanderol dengan harga Rp 3.099.000 ini kian gahar.
Selain memory RAM yang lebih besar, Asus juga memberikan nilai lebih pada sisi kameranya. “Sama seperti  Zenfone 4 dan Zenfone 5, Zenfone 6 juga dilengkapi dengan dua kamera. Kamera belakang mendukung lensa berkapasitas 13 megapiksel. Sedangkan kamera belakangnya didukung dengan lensa berkekuatan 2 megapiksel,” urainya.
Kelebihan lainnya, perangkat ini didistribusi langsung oleh PT Teletama Artha Mandiri (TAM). Jaminan garansi perangkat ini juga tidak berbeda dengan ponsel BlackBerry.(vik/nda)