Pikat User dengan Fitur Kamera Jempolan

MALANG – Sony Xperia C dan Xperia M memang bukan kategori ponsel kelas premium. Tapi keberadaannya mampu memikat hati para konsumen, khususnya pengguna yang  suka dengan dunia fotografi. Ya, kedua ponsel ini memang dibekali dengan fitur fotografi yang mumpuni.
Customer Service Erafone Mall Olympic Garden (MOG), Agusti Dewi mengatakan salah satu fitur yang mumpuni adalah kemampuan membidik gambar super cepat. Fitur ini khusus disematkan pada seri Xperia M.
“Sony memang terkenal dengan fungsi kameranya. Xperia M ini salah satunya. Kamera  pada perangkat ini didesain dengan fokus otomatis yang dilengkapi dengan fitur bidik cepat. Fitur bidik cepat ini memungkinkan pengguna menjepret  objek dari posisi off kurang dari 1 detik. Sudah pasti dengan fasilitas tersebut, pengguna tidak akan kehilangan satu momen pun,” kata Dini, sapaan akrabnya.
Seperti ponsel Sony lainnya, Xperia M juga dilengkapi dengan tombol shutter. Tombol tersebut memberikan kemudahan pengguna membidik objek meski kondisi layar terkunci. Meski hanya dibekali dengan kamera 5 megapiksel, kamera Xperia M mampu menjepret dengan kualitas HD mengingat Sony membekali ponselnya itu dengan teknologi High Dynamic Range (HDR). Teknologi tersebut merupakan teknologi pengolahan citra yang digunakan untuk menangkap foto yang cerah di tengah cahaya latar sangat terang.
“Dengan teknologi HDR, Xperia M dapat menangkap citra yang sama pada tingkat paparan berbeda dan memberinya suatu lapisan untuk menghasilkan foto yang telah dioptimalkan,” kata Dini, sembari menjelaskan teknologi HDR tersebut juga bisa digunakan untuk untuk video. Pengguna dapat merekam film dalam situasi berkontras tinggi. Bahkan saat sasaran atau objek berdiri di depan jendela atau matahari terbenam.
Selain itu, Dini mengatakan kamera pada Sony Xperia M ini mendukung teknologi LED Flash Exmor RS. Teknologi ini sebetulnya diterapkan Sony pada ponsel premium yang mendukung kamera 8 megapiksel dan 13 megapiksel. Namun begitu, Sony menerapkan fitur tersebut pada kamera Xperia M. Teknologi tersebut mendukung fungsi kode RGBW dan HDR. Kode RGBW berfungsi untuk menangkap dan menghasilkan sebuah gambar atau merekam sebuah video dengan hasil yang tajam dan baik dalam kondisi cahaya yang rendah seperti pada situasi yang gelap atau malam hari.
Sementara pada Xperia C, Sony membubuhkan fitur kamera lebih lengkap. Selain teknologi Exmor R untuk mendapatkan cahaya lebih banyak dari sensor standar, dan tombol shutter yang memudahkan pengoperasian kamera, kamera pada Xperia C ini juga dilengkapi dengan fitur Quick Launch. Fitur ini memudahkan pengguna masuk ke kamera dari menu apapun atau ketika sedang membuka apps lain. Quick Launch ini memiliki beberapa pengaturan yakni, langsung jepret foto begitu menahan tombol kamera dari aplikasi lain, langsung rekam video, ataupun hanya membuka aplikasi kamera. Sementara untuk antarmukanya,  kamera pada Xperia C menjadi satu dengan perekam video. (vik/nda)