Bahasa Indonesia Dominasi WordPress

BAHASA Indonesia menempati posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di platform blog WordPress.com setelah bahasa Inggris dan Spanyol.
Pendiri sekaligus CEO Automattic, Matt Mullenweg, mengatakan bahwa sekitar 3,5 persen dari seluruh pengguna WordPress mengakses layanan itu dengan bahasa Indonesia. Jakarta, menjadi kota dengan penduduk yang paling banyak mengakses WordPress.
"Ada 1,7 juta situs dengan WordPress yang memakai bahasa Indonesia. Situs-situs itu mendapatkan 200 juta page view per bulan," kata Mullenweg saat ditemui di Jakarta, Selasa (3/6/2014).
Melihat pertumbuhan pengguna WordPress di Indonesia yang begitu besar, Mullenweg berencana merekrut karyawan sebagai pemrogram di Indonesia.
Kedatangan ke Jakarta ini merupakan yang kedua kalinya bagi Mullenweg. Ia datang untuk menghadiri Jakarta WordPress Meetup, 2 Juni 2014. Ajang ini merupakan tempat bertemu para pengguna, pengembang, hingga desainer yang memanfaatkan platform WordPress.
Sebelumnya, Mullenweg pernah mengunjungi Jakarta pada Januari 2009 untuk menghadiri ajang WordCamp Indonesia.
Perusahaan Automattic, yang mengembangkan platform WordPress, beberapa waktu lalu mendapat pendanaan sebesar 160 juta dollar AS. "Uang itu akan kami gunakan untuk memperluas bisnis, merekrut karyawan, memperkuat infrastruktur. Semua itu digunakan untuk mempercepat pertumbuhan WordPress," terang Mullenweg.
WordPress bisa disebut sebagai salah satu sistem pengelola konten (content management system/CMS) terbesar di dunia. Dari sekian banyak situs web di dunia, sekitar 22 persen di antaranya atau 75 juta situs web memakai platform WordPress.(kps/fia)