Double-Tap to Wake Lengkapi Sony Xperia Z2

MALANG  – Setelah cukup lama menunggu, akhirnya Sony Xperia Z2 melenggang di pasar Malang Raya. Ponsel terbaru Sony ini mulai menampakkan diri di gallery atau outlet penjualan ponsel Malang Raya dengan harga Rp 8 jutaan. Bagaimana penampakan serta kinerja perangkat baru tersebut, berikut ulasannya.
Secara fisik, Sony memang tidak banyak memberikan perubahan dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Z1. Desain kotak dengan setiap sudut sedikit melengkung tetap dipertahankan Sony untuk perangkat barunya tersebut. Namun begitu, secara ukuran Xperia Z2 terlihat lebih tinggi. Hal tersebut cukup wajar, lantaran Sony Xperia Z2 ini hadir dengan layar lebih besar 5.2 inci, atau lebih besar dari pendahulunya yang hanya 5 inci.
“Tambahan inci pada layar dibentuk lebih memanjang, sedangkan lebarnya tetap sama,’’ kata Customer Service Global Teleshop Mall Olympic Garden, Shufiatu Laili.
Dia juga menjelaskan, jika ponsel baru ini dibekali dengan layar yang oke. Meskipun mendukung layar jenis In-Plane Switching (IPS) namun Sony mengklaim layar IPS milik Xperia Z2 memiliki kualitas tampilan lebih baik, ketajaman layar yang tinggi karena mengusung resolusi full-HD 1920x1080 piksel.
Meski memiliki ukuran yang lebih besar dengan pendahulunya, namun Sony Xperia Z2 ini hadir dengan bobot lebih ringan. Alasannya jelas, perangkat ini dibalut dengan material almunium. “Material almunium ini ditanam selain membuat perangkat lebih ringan juga sekaligus memberikan kesan mewah dan kokoh,’’ tambah wanita yang kerap disapa dengan nama Laili tersebut.
Sementara untuk ketangguhan, Xperia Z2 mengusung sertifikasi IP58 yang sama dengan Xperia Z1. Ponsel ini dapat menyelam di air hingga kedalaman satu meter selama 30 menit, di samping juga tahan debu. Deretan konektor kecuali jack audio 3,5 mm di bagian atas pun dilindungi penutup khusus yang kedap air.
Kesan mewah tidak hanya dihadirkan Sony di bagian depan, namun juga di belakang. Adanya lapisan tempered glass hitam, membuat perangkat ini terkesan mewah sekaligus tahan goresan.
Sementara untuk kinerjanya, perangkat ini telah didukung dengan Operating Sistem Android 4.4 KitKat. Mesin penggeraknya menggunakan prosesor quad-core Snapdragon 801 berkecepatan 2.3 GHz yang dipadu dengan memory RAM 3 GB, membuat kinerja perangkat sangat cepat.  
Seperti produk Xperia lainnya, Sony juga membekali perangkat barunya ini dengan berbagai aplikasi bawaan. Diantarannya pemutar musik Walkman dan lainnya.
“Ada beberapa fitur baru ditambahkan pada Xperia Z2 ini, yaitu fitur yang mengandalkan gestur, seperti Double-Tap to Wake, Dengan fitur tersebut, pengguna cukup mengetuk layar sebanyak dua kali untuk "membangunkan" dari kondisi sleep,’’ kata Laili.
Ponsel ini juga dibekali dengan Smart Call Handling yang memungkinkan pengguna menjawab atau menolak panggilan telepon dengan menggoyang ponsel ke arah tertentu.
Di sisi kameranya, ponsel ini mengusung spesifikasi yang sama dengan Xperia Z1. Keduanya memiliki sensor 20 megapixel berukuran 1/2,3 inci yang terletak di belakang lensa "G-lens" berbukaan f2.0. Sedangkan untuk kamera depannya, perangkat ini mendukung lensa 2.2 megapiksel. Seluruh kinerja ponsel ini dikatakan Laili didukung dengan baterai berkapasitas 3200 mAh.(vik/fia)