Apple Kembali Tersandung Masalah Merek

Apple menampilkan sesuatu yang baru dengan mengumumkan kehadiran aplikasi kesehatan, HealthKit. Sayangnya, aplikasi di iOS 8 itu sudah tersandung masalah merek. Adalah startup asal Australia mengklaim sudah menggunakan nama HealthKit sebagai nama resminya, sebelum Apple mengumumkannya di panggung WWDC 2014.
HealthKit versi Australia ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam menyediakan layanan pintar untuk segmen industri kesehatan. Platform mereka berfokus untuk menghubungkan antara dokter dengan pasiennya.
"Agak membingungkan ketika Apple menggunakan nama produk kami, HealthKit, untuk produk terbarunya. Apakah (CEO Apple) Tim Cook mengetahui hal ini sebelumnya," protes mereka dalam kicauan di Twitter @HealthKit, yang dikutip dari Wired, Rabu (4/6/2014).
"Kami sangat tersanjung bahwa Apple menggunakan nama yang sama dengan kami. Tapi kami agaknya kecewa, apakah nama HealthKit nanti akan terhubung ke situs Healthkit.com kami?" sindir co-founder dan Managing Director Alison Hardacare.
HealthKit yang nantinya muncul di iOS 8 merupakan aplikasi bawaan yang mampu memonitor detak jantung, tidur, berat badan serta tekanan darah pengguna. Sampai saat ini belum ada tanggapan dari pihak Apple terkait kesamaan penggunaan nama HealthKit di aplikasi mereka dengan startup asal Australia itu. (dtc/nda)