Speaker Kaleng, Mainkan Musik Via MicroSD

MALANG– Demam speaker kaleng terus muncul. Terlebih saat ini, banyaknya merek yang terpampang pada casing speaker membuat perangkat ini banyak diburu. Head Store Citra Komputer, Ipung Argalengga mengatakan, sejak kali pertama dikenalkan, speaker kaleng menuai respon positif dari konsumen lantaran memiliki bentuk yang unik. “Unik karena bentuknya menyerupai kaleng minuman ringan,” terangnya.
Ipung menguraikan, speaker kaleng sendiri kali pertama dikenalkan pada tahun 2013 lalu. Perusahaan Cina yang mendominasi penjualan elektronik di Indonesia, menyelipkan speaker kaleng diantara produk elektroniknya. Hasilnya pun luar biasa, speaker ini banyak disukai, tentunya pecinta speaker ini adalah mereka yang suka mendengarkan musik. “Speaker ini bisa dikoneksikan dengan mesin pemutar musik portable, atau ponsel,” jelas dia.
Pria asal Malang ini juga mengatakan, perangkat ini juga mampu memainkan musik melalui microSD. Suara yang keluar dari speaker pun lumayan. “Dibandingkan dengan ponsel jelas suaranya lebih bagus dengan speaker, lebih keras pula,” katanya. Harganya yang relatif terjangkau juga tidak mengkhawatirkan saat pengguna memaksimalkan volume, saat ingin mendengarkan musik. Hal ini berbeda dengan mendengarkan musik di ponsel.
“Kalau speaker ponsel yang rusak kan sayang,  karena biaya untuk memperbaikinya juga mahal. Tapi dengan spealer kaleng ini kalau rusak bisa beli lagi. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp 35 ribuan saja,” urai Ipung.  Perangkat ini juga tidak hanya berfungsi sebagai pengeras suara, namun keberadaannya juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan meja. Bentuknya yang unik, serta corak yang warna-warni membuat keberadaannya terlihat keren saat berada di atas meja atau sebuah bufet.
Sedangkan untuk spesifikasinya sendiri, ipung menguraikan perangkat ini dibekali dengan slot USB, port micro Sdcard, line out, FM Radio dan  USB untuk Audio. Power outputnya 3 Watt dengan S/N ratio 85dB. Frekwensi responnya 180Hz-18KHz. USB power 3.7-5V. Untuk dayanya perangkat ini menggunakan baterai recharger. “Teknologi dan bentuk yang sederhana, memberikan kemudahan kita untuk membawa kemana-mana, bahkan saat melakukan traveling, speaker ini bisa diselipkan di sela-sela tas ransel yang kita bawa,” tandas dia. (vik/mar)