Samsung Galaxy Tab 4 Hadir di Malang

MALANG – Samsung akhirnya merilis keluarga barunya di kelas tablet. Perusahaan berbasis di Korea Selatan ini akhirnya mengenalkan Samsung Galaxy Tab 4-nya kepada khalayak. Perangkat tersebut sejak beberapa hari terakhir juga sudah dapat ditemui di pasar gandet Malang Raya. Marketing Karna Jaya, Malang Plaza, Fitri Hidayah menguraikan, Samsung Galaxy Tab 4 ini hadir dengan tiga varian sekaligus, yakni versi 7 inci, 8 inci dan 10 inci.
“Sementara yang ready baru versi Tab 4 8. Kami membanderolnya dengan harga Rp 4 jutaan. Sedangkan versi 7 dan 10 inci, mungkin minggu depan,’’ kata gadis berambut panjang ini.
Tiga varian tablet ini, menurut Fitri dibedakan luas layarnya saja. Galaxy Tab 4 7.0 dibekali dengan layar berukuran 7 inci, Galaxy Tab 4 8.0 dibekali layar 8 inci, dan Galaxy Tab 4 10.1 dibekali layar berukuran 10 inci. Namun begitu, baik fitur maupun teknologi yang mendukung layar tersebut semuanya sama.
Samsung menanamkan layar WXGA dengan resolusi 1280 x 800 piksel berteknologi TFT kapasitif. Tiga perangkat ini juga dibekali dua tombol kapasitif di bawah layar dan sebuah tombol home.
Selain layar yang memiliki teknologi sama, Samsung juga membekali perangkat barunya ini dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang mengusung prosesor Quad Core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,2GHz yang didukung oleh memori RAM sebesar 1,5GB dan dipadukan dengan pengolah grafis dari Adreno 305.
Sedangkan untuk segi penyimpanan Galaxy Tab 4 7.0 hadir dalam dua varian memori internal, yakni 8 GB dan 16 GB. Sedangkan Galaxy Tab 4 10.1 dan Galaxy Tab 4 8.0 dibekali memori internal berkapasitas 16 GB. Ketiga varian Galaxy Tab 4 dilengkapi slot microSD yang dapat diekspansi memori eksternal hingga maksimal 64GB.
“Untuk versi Tab 4 8 ada kamera, di  belakang sebasar 3 megapiksel. Kamera depannya menggunakan lensa berkekuatan 1,3 Megapiksel,’’ urai Fitri, yang mengatakan kamera depan pada Samsung Tab 4 8 memudahkan pengguna untuk melakukan foto selfie, dan video call.
Samsung Galaxy Tab 4 ini dikatakan gadis asal Malang  ini disupport dengan sistem operasi Android terbaru yakni Android 4.4 Kitkat. Sedangkan untuk baterainya, ketiga varian tablet ini disokong dengan baterai berkapasitas 4450 mAh untuk versi 7 dan 8, dan sedangkan versi 10.1 disokong dengan baterai 6.800mAh.
“Untuk konektivitas, ketiganya didukung Wi-Fi/HSPA dan Wi-Fi/LTE, Bluetooth 4.0, GPS/GLONASS dan USB 2.0,’’ tandas Fitri.(vik/fia)