Telkomsel Tambah BTS Mobile untuk Jamin Komunikasi Lancar

MALANG -  Event Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan tahun 2014, juga didukung oleh pihak operator seluler. Telkomsel salah satunya, untuk mengantisipasi terjadi lonjakan traffic saat event tersebut berlangsung, operator plat merah ini menyiapkan satu combat, dan satu repeater di area Stadion Kanjuruhan, tempat berlangsungnya even tersebut.
Head of Corporate Communications Telkomsel, Andik Setiawan menjelaskan, Combat sifatnya komtemporer, dan bisa dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan. Pemasangan combat ini cukup penting untuk kelancaran komunikasi para peserta penas.
“Satu BTS hanya mampu mengcover 500 orang yang menelpon secara bersamaan. Dengan hadirnya lebih dari 50 ribu peserta Penas, maka diperlukan BTS tambahan seperti Combat ini, yang sifatnya tidak permanen dan bisa dilepas setelah event selesai,’’ katanya. Adanya Combat ini dia pun memastikan, tidak akan terjadi gangguan saat peserta menelpon, menerima telepon, SMS ataupun berselancar di dunia maya.
Andik sendiri mengaku, sebetulnya di wilayah tempat event Penas ini berlansung signal Telkomsel sangat stabil. Sehingga peserta yang mengikuti even inipun tidak perlu khawatir akan kehilangan signal.
“Jaringan kami sangat siap, termasuk saat ada event seperti ini. Namun kami tidak ingin terlena, dan tetap memasang combat di wilayah tersebut, guna mengantisipasi terjadi lonjakan traffic, termasuk dengan memasang repeater di area event sekaligus tempat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginap,’’ katanya lagi.
Sementara PT XL Axiata (Tbk), tidak akan memasang Mobile BTS (MBTS) terkait event ini. Hal ini dilakukan, lantaran XL yakin jika jaringan yang ada di wilayah event Penas mampu mengcover semua aktifitas komunikasi oleh peserta.
“MBTS di pasang jika signal  lemah. Signal kami kuat, bahkan sangat kuat, sehingga tidak diperlukan MBTS,’’ kata Corporate Communication XL East Region, Putro Pamungkas.
Namun begitu, XL juga tetap melakukan pemantauan. Jika memang jaringan di area tersebut tidak mencover kebutuhan kemonikasi yang ada, pihaknya pun langsung memasang MBTS. “Dilihat dulu saja, kalau memang dibutuhkan dan memang diperlukan MBTS dan sangat mendesak maka akan dilakukan pemasangan,’’ urainya.
Hal yang sama juga dilakukan oleh Indosat. Operator yang identik dengan warna kuning ini juga tidak akan memasang MBTS di area event  Penas. “Belum ada proposal yang masuk untuk permintaan pemasangan MBTS oleh panitia. Artinya, jaringan kami tidak akan masalah, meskipun nanti ada lebih dari 50 ribu orang yang datang pada event tersebut,’’ tandas Head Of Sales PT Indosat Area Malang Erwiyati Sri Lestari.(vik/fia)