Philips Terpikat Apple

JAKARTA - Bukan cuma developer aplikasi saja yang menyambut hangat iOS 8, produsen lampu Philips juga dibuat terkesima. Apa sebabnya? Produsen lampu memang jauh hubungannya dengan perusahaan seperti Apple. Namun berkat kecanggihan teknologi, inti bisnis keduanya pun bisa disatukan.
Melalui iOS 8 Apple memperkenalkan HomeKit, sepaket aplikasi menarik yang bisa dipakai untuk mengendalikan perangkat rumah, termasuk lampu untuk penerangan.
Philips, sebagai produsen lampu kelas dunia langsung merespon hal itu. Melalui akun Twitternya, perusahaan yang bermarkas di Belanda itu mengaku telah membuat widget khusus untuk HomeKit di iOS 8.

Widget yang masih dalam pengembangan itu diklaim bisa dipakai untuk mengendalikan Philips Hue, sebuah lampu LED yang bisa dikendalikan secara nirkabel, dalam hal ini lewat iPhone. Widget ini dijadwalkan tuntas pada Juli 2014 mendatang.
Seperti dikutip dari Gigaom, Senin (9/6/2014), dukungan Philips terhadap teknologi ponsel menandakan bahwa era rumah pintar semakin dekat. Bukan tidak mungkin, akan semakin banyak perangkat yang nantinya bisa dikendalikan lewat sebuah aplikasi.(dtc/fia)