Sony Xperia Z2

Boyong Teknologi TV ke Smartphone

MALANG – Teknologi lintas produk banyak diterapkan vendor besar pada gadget besutannya. Sony misalnya, pabrikan elektronik tersebut menerapkan LED Live Colour pada smartphone Xperia Z2. Teknologi ini sebelumnya diaplikasikan pada layar TV.

Promotor Sony, Yuasmita Catunary menjelaskan, LED Live Colour yang diterapkan pada perangkat mobile untuk meningkatkan gradasi dan kedalaman warna. Teknologi tersebut dilengkapi dengan In Plane Switching (IPS) agar sudut pandang layar lebih luas.

Mita menambahkan, teknologi layar tak berhenti pada LED Live Colour dan IPS, Sony membekali layar Xperia Z2 dengan TRILUMINOS Display HD yang memiliki kepadatan piksel mencapai 423 ppi. Teknologi tersebut memungkinkan interface Sony Xperia Z2 lebih tajam hingga 4 kali dari layar high definition (HD) yang ada saat ini.

“Layar Xperia Z2 lebih terang ketimbang pendahulunya, Z1. Sebab Z1 masih menggunakan teknologi full HD,” ucap Mita, sapaan akrabnya.

Dia menjelaskan,  teknologi TRILUMINOS Display mampu menciptakan palet warna yang lebih kaya dan alami. Para ahli TV BRAVIA, yang menciptakan teknologi ini mampu menghadirkan warna merah, biru air, dan hijau emerald dengan indah.

“Sehingga saat pengguna ingin menonton video akan mendapatkan sensasi luar biasa. pengalaman menonton yang lebih hidup, dan rasa kedalaman yang lebih tinggi,” ujar dia.

Teknologi TRILUMINOS tersebut juga didukung dengan fituer X-Reality. Fitur ini merupakan fitur yang dikembangkan Sony untuk perangkart ponselnya. Dengan fitur ini, Sony Xperia Z2 mampu menghadirkan gambar yang luar biasa.

Gambar diam,video beresolusi rendah hingga film beresolusi tinggi, mampu ditampilkan dengan warna yang tajam. Pengaturan kontras dan meminimalisir terjadinya gambar blur, sehingga pengguna pun akan sangat nyaman saat menggunakannya menonton film.

Mita menambahkan, sama seperti pendahulunya, Xperia Z2 masih dilengkapi dengan sertifikat IP58 sehingga perangkat berlayar 5,2 inci ini mampu masuk ke dalam air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

“Ponsel ini juga tahan debut. Setiap connector dilengkapi dengan penutup yang mampu mencegah debu atau air masuk ke dalam ponsel,” rincinya.

Tak hanya kemampuan mumpuni, Sony Xperia Z2 juga memiliki tampilan yang mewah. Kesan mewah tidak hanya dihadirkan Sony di bagian depan, namun juga di belakang. Adanya lapisan tempered glass hitam, membuat perangkat ini terkesan mewah sekaligus tahan goresan.
Sementara untuk kinerjanya, perangkat ini telah didukung dengan Operating Sistem Android 4.4 KitKat. Mesin penggeraknya menggunakan prosesor quad-core Snapdragon 801 berkecepatan 2.3 GHz yang dipadu dengan memory RAM 3 GB, membuat kinerja perangkat sangat cepat.  
Di sisi kamera, ponsel ini mengusung spesifikasi yang sama dengan Xperia Z1. Keduanya memiliki sensor 20 megapixel berukuran 1/2,3 inci yang terletak di belakang lensa "G-lens" berbukaan f2.0. Sedangkan untuk kamera depan, perangkat ini mendukung lensa 2.2 megapiksel. Seluruh kinerja ponsel seharga Rp 8.5 jutaan ini didukung dengan baterai berkapasitas 3200 mAh.(vik/fia)