Adu Kuat HTC One M8 vs Samsung Galaxy S5

MALANG –  Persaingan smartphone papan atas makin sengit. Vendor saling jor-joran merilis varian baru untuk menggaet konsumen. Di jajaran ponsel Rp & juta hingga Rp 8 jutaan. Ada dua nama baru yang cukup menarik, yaitu Samsung Galaxy S5 yang dibandrol pada harga Rp 8,5 juta dan HTC One M8 seharga Rp 7.5 juta.  
“Secara kinerja keduanya (Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8) sama. Keduanya dibekali chipset milik Qualcomm Snapdragon 801, Quad Core didukung dengan memori RAM 2 GB. Bedanya hanya ada pada kecepatan, yakni prosesor Samsung Galaxy S5 2.5 GHz sedangkan prosesor HTC One M8 memiliki kecepatan 2.3 GHz,’’ kata Team Leader Erafone, Arie Kurnianto.
Dengan prosesor yang sama tersebut, keduanya memang sudah memiliki kemampuan multitasking, namun bisa dipastikan Samsung Galaxy S5 mampu memproses data lebih cepat ketimbang One M8.
Dari sisi kamera, Samsung Galaxy S5 dibekali dengan lensa yang mampu merekam gambar dengan resolusi 16 MP, namun lagi-lagi HTC lebih unggul dalam hal jor-joran kepadatan pixel karena One M8 dilengkapi dengan lensa yang mampu merekam gambar dengan resolusi 4,1 Ultrapiksel. “Untuk hasilnya jelas, HTC One M8 lebih tajam, dan lebih natural,’’ imbuh Arie.
Namun begitu, beberapa kelebihan tersebut tidak diimbangi dengan tampilan layar. Menurut Arie, meskipun sama-sama mendukung resolusi 1920 x 1020 full HD, namun secara interface, layar Samsung Galaxy S5 terlihat lebih tajam disbanding One M8. Alasannya, karena Samsung
menyokong seri S terbarunya itu dengan layar Super AMOLED.  Sedangkan HTC, hanya menanamkan layar jenis Super LCD.
 HTC juga tidak melengkapi produknya itu dengan sertifikasi Anti air dan ati debu, seperti yang diusung oleh Samsung Galaxy S5. Dengan begitu jelas, HTC One M8 ini tidak mau untuk diajak basah-basahan.
“Bahkan saat rintik hujan pun, haram mengeluarkan ponsel, terlebih menggunakannya untuk menelpon, SMS ataupun bermain data,” kata pria asal Surabaya ini.
Selain beberapa sepesifikasi tersebut, Arie mengatakan jika kedua ponsel ini memiliki fitur yang hampir sama. Yaitu pemindai sidik jari yang dimiliki S5 yang mampu menjaga kerahasiaan dokumen maupun privasi lainnya, juga dimiliki oleh One M8.
HTC juga melengkapi perangkatnya dengan fitur yang mampu mempercepat koneksi internet dengan menggabungkan kemampuan WiFi dan 4G. “HTC memiliki fitur tambahan lain, yaitu BoomSound. Fitur ini mampu mereduksi suara bising, sehingga saat pengguna ingin menelpon ataupun menerima telpon tidak akan terganggu dengan suara bisi,’’ urai Arie.
Bagi penyuka desain premium, tampilan HTC One M8 mungkin terlihat lebih mewah, karena pabrikan membalut body ponsel tersebut dengan casing bermaterial logam. Efek sampingnya adalah, bobot yang berat. Karena itu, bagi pengguna yag lebih memilih smartphone ringan, Galaxy S5 bisa jadi pilihan karena Samsung melapisi gadget besutannya tersebut dengan material plastik.
“Material plastik membuat ponsel lebih ringan. Sehingga tak merepotkan saat berada di saku,”
pungkas dia. (vik/fia)