Jelang Ramadan, Telkomsel Uji Jaringan di Jalur Mudik

Telkomsel melakukan uji coba jaringan di sepanjang jalur kereta api pantai utara Jawa untuk memastikan kesiapan jaringannya dalam melayani lonjakan trafik komunikasi seluler yang diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama bulan Ramadan dan Lebaran 2014. Uji coba jaringan dilakukan bersama jurnalis dari berbagai media dan bloggers. Network Drive Test 2014 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Telkomsel Siaga 2014 dengan tema ‘Penuh Warna, Penuh Makna’.
Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan kegiatan uji jaringan selalu dilakukan setiap tahunnya jelang Ramadan dan Lebaran karena hal  ini  merupakan wujud  komitmen Telkomsel dalam memberikan layanan yang berorientasi pada quality of service. “Momen Ramadan hingga Lebaran merupakan saat yang amat penting bagi para pelanggan kami, untuk itu kami akan memastikan kenyamanan para pelanggan dalam berkomunikasi,” ujarnya dalam rilis yang diterima Malang Post, kemarin.
Melihat tren kenaikan penggunaan data oleh para pelanggan, dimana hingga semester pertama di tahun 2014 ini kenaikannya mencapai 147 persen dibandingkan tahun lalu, maka selain memastikan kenyamanan pelanggan untuk menggunakan basic services seperti voice dan SMS, Telkomsel pun menaruh perhatian lebih agar pelanggan dapat nyaman dalam mengakses data dan menikmati berbagai layanan digital dimanapun dan kapanpun.
Selama Ramadan dan Lebaran tahun tahun ini, Telkomsel memperkirakan adanya lonjakan trafik di beberapa daerah tujuan mudik dengan rata-rata lonjakan layanan mencapai antara 0–5 persen untuk layanan Suara dan 10-15 persen pada layanan SMS. Sedangkan layanan Data melonjak naik antara 25-35 persen dibandingkan hari biasa. Layaknya di tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut akan diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa, telah disediakan kelonggaran sebesar 20- 40 persen, seperti di Jawa Barat dengan kelonggaran kapasitas 45 persen, Jawa Tengah  dan Jawa Timur sebesar 55 persen.
“Sejumlah lokasi tujuan pelanggan selama masa Ramadan dan Lebaran akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi. Di tempat-tempat tersebut kami akan memaksimalkan kapasitas dan juga menyiagakan tambahan COMBAT (COmpact Mobile BAse sTation) sebanyak 41 unit untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data”, ungkap Abdus Somad.
Selain menambah kapasitas jaringan selama periode Ramadan dan Lebaran, sepanjang tahun ini Telkomsel terus melakukan pembangunan BTS (Base Transceiver Station) di berbagai daerah di Indonesia. Hingga pertengahan tahun ini sebanyak 8.500 BTS telah on-air sehingga total angka BTS yang dimiliki oleh Telkomsel hingga akhir Mei 2014 mencapai 77.800 BTS. Pelanggan juga dapat mengakses data dengan baik, karena jaringan Telkomsel didukung oleh 33.000 node B (BTS 3G) yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar  112 Gbps (Giga bit per second) termasuk bandwidhth layanan Blackberry sebesar 12 Gbps. 
Pada rangkaian kegiatan Drive Test 2014, Telkomsel juga akan memberikan bantuan 19 Ton Kurma ke enam masjid di enam kota besar di Indonesia, yaitu Masjid Agung Al-Akbar (Surabaya), Masjid Istiqlal (Jakarta), Masjid Al Markas Al Islami (Makassar), Masjid Al Mashun (Medan), Masjid Raya Baiturrahman (NAD), Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang). Bantuan secara simbolis diserahkan kepada keenam perwakilan Imam Masjid Agung di Masjid Al-Akbar Surabaya, Selasa (10/6) lalu. 
“Penyerahan 19 ton kurma ke enam masjid di enam kota besar di Indonesia merupakan salah satu bentuk komitmen dan kepedulian Telkomsel kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah bulan Ramadan. Sesuai dengan tema Telkomsel Siaga tahun ini, kami harap bantuan yang akan dinikmati masyarakat sebagai takjil ini dapat membuat bulan Ramadan tahun ini penuh warna dan penuh makna,” ujar Abdus Somad. (*/nda)