OPPO Find 7a

Air Gesture Makin Bervariasi

MALANG – Kehadiran OPPO Find 7a memang cukup menyita perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, selain mengusung fitur special VOOC Rapid Charger, yang memungkinkan pengguna melakukan pengisian ulang baterai 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan ponsel lain, OPPO juga membekali perangkat barunya ini dengan fitur Air Gesture.

Tentu saja, fitur Air Gesture yang diusung OPPO berbeda dengan yang diterapkan Samsung pada produk Galaxy S4 ataupun Samsung Galaxy S5 nya. Selain lebih sempurna, fitur ini juga bisa digunakan untuk membuka berbagai menu.

Salah satu yang membuat fitur Air Gesture pada OPPO Find 7a ini lebih sempurna tak lain karena dukungan Operating Sistem (OS) besutan OPPO bernama ColorOS. “ColorOS merupakan OS pengembangan OPPO dengan acuan OS Android 4.2 Jelly Bean,’’ kata Promotor Yusuf Wibisono.

“Jika diperangkat lain Air Gesture hanya berfungsi untuk menerima telepon atau berpindah dari halaman satu ke halaman lain dengan melambaikan tangan, Air Gesture pada OPPO Find 7a ini mampu untuk membuka sekaligus masuk ke menu perangkat,’’ katanya.

Lebih menarik, fitur Air Gesture ini bisa digunakan dengan gerakan tangan sesuai dengan kode menu. Dia pun mencontohkan, membuka beberapa menu  ponsel menggunakan fitur air gesture. “Seperti membuka kamera, cukup dengan menggenggam ponsel, dan membuat gerakan melingkar, seperti ini,’’ kata Yusuf. Praktik tersebut berhasil, karena setelah gerakan usai, perangkat langsung masuk menu kamera.

Tidak puas dengan hanya lingkaran, Yusuf  juga membuat gerakan segitiga. Saat itu juga ponsel pun masuk ke menu musik.  Untuk menghentikan musik gampang, tinggal membuat dua garis dari udara, saat itu juga musik berhenti,’’ katanya lagi.

Fitur Off Screen Gesture, yang dikembangkan OPPO pada perangkat ini juga lebih sempurna. Pengguna tidak sekadar membuat menggambar lingkaran atau segitiga di atas layar, untuk masuk menu kamera dan musik, tapi OPPO juga memberikan gerakan-gerakan lainnya.

“Seluruhnya ada 13 gesture. Lebih lengkap, lebih praktis dan efisien,’’ urainya, sembari mengatakan sebelumnya OPPO hanya memberlakukan 5 gerakan saja untuk fitur Off Screen Gesturenya.

Sementara untuk spesifikasinya, OPPO Find 7a hadir sebagai ponsel flagship terbaru besutan OPPO. Ponsel ini memiliki layar seluas 5.5 inci. Layar yang digunakan adalah jenis IPS mendukung 16 juta warna. Teknologi Full HD yang diterapkan mampu menampilkan resolusi hingga 1920 x 1080 piksel.

Ponsel ini juga disokong dengan prosesor milik Qualcomm Snapdragon, Quad Core masing-masing memiliki kecepatan 2.3 GHz. Kinerja prosesor ini didukung dengan memori RAM 2GB. Sementara untuk penyimpanan internalnya, OPPO menyiapkan wadah seluas 16 GB yang bisa diekspansi hingga 128 GB.

Di sisi fotografi, OPPO memberikan dukungan kamera utama dengan sensor 13 megapiksel. Kemampuan membidik objek dipastikan sangat maksimal, lantaran OPPO menanamkan sensor BSI pada setiap lensa yang ditanam. Sedangkan kamera depannya, OPPO Find 7A ini mendukung lensa 5 megapiksel. Sensor tersebut memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan foto selfie, dengan hasil sangat bagus.(vik/fia)