XL Siap Sambut Lonjakan Traffic Saat Ramadan dan Lebaran

PT XL Axiata (XL) memastikan 85 persen jaringan XL di jalur mudik telah tercover layanan HotRot 3G. Kepastian tersebut dikatakan oleh VP Project Managemen Office PT XL Axiata (XL) Agus Simorangkir saat mengadakan media gathering di Bale Raos Restaurant, Yogyakarta Kamis (12/6) malam lalu.
Kepada wartawan, pria berkumis ini mengatakan, hasil 85 persen ini diperoleh setelah melakukan pengecekan jaringan untuk jalur mudik Jakarta-Yogyakarta dan Surabaya-Yogyakarta.
"Kegiatan pengecekan Jaringan ini kami sebut sebagai Network Rally. Ini sudah tahun keempat. Tahun ini Net Rally kami bagi dua, yaitu Jakarta-Yogyakarta dan Surabaya-Yogyakarta," katanya kepada forum wartawan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.
Berdasarkan kegiatan tersebut, jalur Jakarta-Yogyakarta 80.3 persen sudah tercover jaringan 3G. Berdasarkan kondisi tersebut, pihak XL pun siap menghadapi lonjakan traffic saat Ramadan maupun mudik hari raya.
Seperti data yang disampaikan saat media gathering, saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 510 juta menit/hari. Sementara untuk traffic SMS adalah 700  juta SMS/hari, dan trafik data sebesar 325 Terabytes/hari.
"Kami memperkirakan  sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2014 nanti akan terjadi lonjakan trafik antara 5 persen hingga 30 persen dari trafik normal sehari-hari," kata VP Corporate Communication XL, Turina Farouk.
Dia juga menjelaskan saat ini Jaringan XL juga telah didukung dengan teknologi yang canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan traffic pada  satu  lokasi tertentu  karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Inovasi ini telah diterapkan XL sejak lebih dari 4 tahun terakhir.
"Ketika di satu daerah terjadi lonjakan traffic, infrastrukstur di area tertentu yang traffic-nya tidak terlalu tinggi bisa langsung membantu," urainya.
turina menambahkan, Ramadan dan lebaran selalu menjadi momentum bagi XL untuk menunjukkan komitmen  dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat. Selain menawarkan program khusus yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, pihaknya juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga jaringan.
"Kami ingin pelanggan atau masyarakat lancar bersilaturrahmi dan beribadah. Kami pastikan semua sumberdaya terkait jaringan, baik para teknisi juga perangkat, akan siaga 24 jam sehari selama bulan suci dan libur lebaran,” urainya.
Uji kesiapan jaringan dan layanan ini dilakukan untuk memastikan terjaganya kenyamanan pelanggan dan mengantisipasi potensi lonjakan traffic pelanggan dalam menggunakan layanan seluler baik percakapan, SMS atau Data/Internet.  
Rute yang ditempuh melintasi kota besar dan kecil yang bisa menjadi gambaran jangkauan layanan XL di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga menjadi pusat distribusi dan tujuan arus mudik selama bulan Ramadan dan lebaran.(vik/fia)