BlackBerry Jakarta Usung Layar 5 Inci

MALANG – Harga BlackBerry Z3 memang bisa dibilang di bawah harga ponsel pintar Android. Namun begitu, ponsel dengan layar 5 inci ini tidak bisa dibilang remeh. Beberapa pengguna sudah mengakui kehebatan perangkat ini. Herry Siswo salah satunya. Pria asal Surabaya ini mengakui jika, BlackBerry Z3 memiliki nilai plus secara fisik maupun jeroannya.
“Saya kebetulan menggunakan Z3 yang termasuk 25 ribu unit pertama beredar atau limited edition. Di sudut kanan atas belakang ada tulisan Jakarta,” katanya.
Kali pertama mencoba, Herry mengaku cukup canggung dengan perangkat barunya ini. Itu karena tombol power berada di sisi kiri, berderetan dengan volume. Hal ini sedikit berbeda dengan kebanyakan gadget yang menempatkan power di bagian atas atau sisi kanan ponsel.
“Biasanya tombol power dan volume berada di bagian kanan. Sebaliknya slot microSD dan micro SIM, berada di kiri. Tapi BlackBerry Jakarta justru kebalikannya. Awal memang agak canggung, tapi berangsur terbiasa,” jelasnya.
Secara interface, Herry mengatakan layar Z3 menggunakan teknologi sentuh, seluas lima inci beresolusi 960 x 540 piksel. Layar ini memang tergolong cemerlang dan responsif. Namun, begitu, dia mengakui bila tampilan layar kurang halus.
“Cara mudah untuk mengenali layar adalah memperhatikan huruf-huruf yang berderet di bawah ikon aplikasi. Huruf-huruf berwarna putih itu terlihat agak bergerigi,’’ kata pria yang tinggal di wilayah Dinoyo ini.
Ponsel baru ini memiliki ukuran 72,8 x 140 x 9,26 mm dan berat 164 gram. Dibekali dengan dua kamera. Kamera utama di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Foto berresolusi 5 megapiksel dan klip video full HD 1080p mampu dihasilkan oleh kamera belakang dari BlackBerry Jakarta.
Untuk berfoto selfie, Herry mengatakan pengguna bisa mengoptimalkan kamera depan Z3. Kamera tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat itu sanggup memproduksi foto berresolusi satu megapiksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, dia mengatakan Z3 dapat menghasilkan klip video HD 720p.
“Performa kamera ponsel, terutama kamera depan, layak dinilai lebih bagus dibandingkan ponsel lain berharga setara. Bila digunakan untuk memotret objek kecil dalam jarak dekat, peluang menghasilkan latar belakang yang agak kabur relatif terbuka,’’ kata pria yang kesehariannya bekerja sebagai pegawai salah satu bank swasta ini.
Untuk kinerjanya, Herry pun sama sekali tidak mempermasalahkan. Prosesor berinti ganda (dual core) Qualcomm MSM8230 1,2 GHz, RAM 1,5 GB, ROM 8 GB, Wi-Fi, bluetooth, GPS, serta mendukung layanan 3G dan HSPA dapat menjalankan berbagai aplikasi dan layanan data dengan baik. BlackBerry 10.2.1 yang dapat menjalankan aplikasi Android itu memperoleh tenaga dari baterai tanam berkapasitas 2.500 mAh.
“Secara fisik saya merasa nyaman dengan BlackBerry Z3. Papan ketik virtualnya memudahkan saya dalam mengetik pesan atau lainnya. Terlebih ponsel ini juga menawarkan kemudahan berupa prediksi kata, membuat saya sama sekali tidak kesulitan saat menulis pesan,’’ tandasnya.(vik/fia)