Operator XL Siap Hadapi Lonjakan Traffic

PT. XL Axiata tidak hanya siap, menghadapi lonjakan traffic saat ramadan dan hari raya akan datang. Namun operator dengan jumlah pelanggan lebih dari 65 juta ini juga memberikan berbagai layanan, yang dapat dinikmati pelanggan, saat melakukan perjalanan mudik. Salah satunya, menghadirkan layanan Guvera. Vice President Project Office Managemen PT. XL Axiata Agus Simonangkir, menjelaskan Guvera merupakan layanan musik streaming, yang bisa dinikmati pelanggan XL dengan mudah dan murah.
“Biasanya orang akan merasa bosan saat melakukan perjalanan mudik. Kondisi itu tidak perlu terjadi untuk pelanggan XL. Karena pelanggan bisa menikmati layanan musik streaming dari Guvera,’’ kata Agus, disela-sela kegiatan Media Gathering, NetRally 2014 di Bale Raos, Yogyakarta beberapa waktu lalu.  Dia mengatakan layanan Guvera ini bisa dinimakti pelanggan dengan bebas tanpa perlu ribet. Terutama soal pembayaran. Menurut Agus, pembayaran untuk berlangganan dilakukan dengan cara potong pulsa.
Besaran pulsa yang dipotong sesuai dengan besaran file data musik yang dimainkan secara streaming. “Layanan Guvera ini sebetulnya dihadirkan sebagai salah satu fasilitas kartu perdana baru yang dikeluarkan XL, yakni XL Bebas Bonus,” katanya.  Namun begitu, Agus juga menguraikan, layanan ini tidak bisa seketika aktif. Sebaliknya, pelanggan harus lebih dulu melakukan registrasi dengan dengan menekan *123*232#. Ada dua paket data yang bisa dipilih pelanggan untuk menikmati layanan music Guvera ini. Salah satunya HotRod Music.
Paket data ini bisa digunakan  untuk mengakses internet sekaligus streaming Guvera. “Untuk pelanggan baru, kami menyediakan  bonus gratis mengakses Guvera selama 14 hari,’’ kata pria berkumis ini. Dia juga mengatakan, selain layanan musik streaming, pihaknya juga menyediakan beberapa layanan lain. Dia pun berharap, dengan berbagai layanan yang diberikan itu, perjalanan mudik pelanggan XL akan lebih menyenangkan.
Terkait dengan jaringan XL sendiri, Agus mengatakan sudah sangat siap. Seperti diketahui, XL mengklaim 85 persen jaringannya sudah di jalur 3G. Keyakinan tersebut setelah pihaknya melakukan uji jaringan atau biasa disebut sebagai NetRally 2014 beberapa waktu lalu. “Tidak bisa dipungkiri, ada beberapa wilayah yang belum tercover jaringan 3G. Tapi pelanggan tidak perlu kawatir, karena jaringan 3G kami masih mendiminasi,’’ kata Agus yang mengatakan, jaringan 3G ini mempengaruhi dalam kecepatan melakukan akses internet. (vik/mar)