Sambut Ramadan dan Lebaran Tri Optimalisasi Jaringan

MALANG - Lonjakan trafik dipastikan terjadi saat Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri nanti. Kondisi tersebut menuntut operator untuk bersiap, guna memberikan kenyamanan kepada pelanggan dalam berkomunikasi. Tidak terkecuali 3 (Tri). Operator GSM yang dikelola oleh PT Hutchison 3 Indonesia ini juga melakukan optimalisasi jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik jelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2014.
"Ini merupakan tahun ke tujuh Tri menemani pelanggan di bulan Ramadan dan Lebaran. Untuk memberikan kenyamanan terhadap pelanggan kami menyediakan kapasitas jaringan yang lebih besar hingga dua kali lipat untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat Ramadan dan hari raya mendatang," kata Public Relation PT Hutcison 3 Indonesia Arum K Prasojo, kemarin.
Arum menyebutkan, dari data tahun sebelumnya lonjakan trafik pada masa Ramadan dan Idul Fitri mencapai 30 persen. Lonjakan tersebut juga diperkirakan terjadi pada tahun ini. "Tahun lalu ada lonjakan trafik hingga 30 persen.Lonjakan itu terjadi pada H-7 hinggacH+7 Lebaran," urai Arum. Angka  yang sama pun diperkirakan pada Lebaran. "Kami memperkirakan tahun ini lonjakan trafik juga terjadi pada angka tersebut. Kami sudah sangat siap untuk lonjakan tersebut," katanya, sembari menjelaskan Kapasitas jaringan Tri saat ini masih memadai untuk mengakomodasi lonjakan hingga 2x lipat trafik telepon dan SMS, bahkan mampu mengatasi kenaikan trafik SMS di jam-jam sibuk.
Sedangjan untuk trafik data, Tri telah meningkatkan kapasitas hingga 50% dari trafik normal di hari biasa. Selain itu, 70% dari total Node B Tri memiliki kapasitas 42 Mbps yang dapat menghantarkan akses internet cepat, sehingga pelanggan pun merasa puas.
Arum juga menguraikan Tri telah memperluas jangkauannya hingga mencakup sebagian besar wilayah kepulauan Indonesia dengan jumlah pelanggan sebanyak 40 juta (per Q1 2014), 70% diantaranya adalah Pelanggan data. Jaringan Tri diperkuat oleh 33.219 BTS, 14.512 diantaranya adalah BTS 3G yang terbentang di pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Cakupan layanan HSDPA Tri telah melayani lebih dari 86% populasi penduduk Indonesia dengan sinyal di 278 kabupaten/kotamadya di 25 provinsi. Tri terus mengembangkan berbagai inovasi dan terobosan yang memaksimalkan keseluruhan pengalaman pengguna dalam menikmati layanan mobile internet. "Dengan jaringan yang kami miliki sudah pasti pelanggan Tri akan mendapatkan banyak kenyamanan, terutama dalam hal berinternet," tandas Arum. (vik/udi)