Kid Mode, Samsung Galaxy Tab 4 untuk Anak

MALANG -  Beberapa waktu lalu, Samsung mengenalkan Galaxy Tab 4 sebagai perangkat baru untuk seri tabletnya. Berbagai kelebihan pun ditawarkan pada perangkat yang ditawarkan dengan harga Rp 4.099.000 untuk versi 8 inci ini. Salah satunya dengan hadirnua mode khusus anak-anak atau biasa disebut dengan Kid Mode.
Costumer Service Global Teleshop Mall Olympic Garden (MOG) menyebutkan, Kid Mode pada Samsung Galaxy Tab 4 merupakan mode khusus yang dirancang untuk anak-anak usia 6-10 tahun. "Kid Mode ini berisi berbagai konten khusus anak-anak, yang bisa digunakan langsung  saat mode ini diaktifkan," katanya.
Silvy menguraikan, Kids Mode memungkinkan anak-anak menggunakan gadget untuk keperluan belajar dan bermain dengan usianya. Mereka bisa menikmati berbagai games, aplikasi khusus untuk anak-anak, bahkan menggunakan kamera dengan berbagai fitur aksesori yang menantang mereka untuk berkreasi. "saat fungsi Kids Mode diaktifkan, anak-anak hanya dapat membuka dan mengakses aplikasi-aplikasi yang memang sudah dimasukkan dalam Kids Mode sebelumnya," urainya.
Sudah tentu saat mode ini diaktifkan anak-anak pun tidak bisa mengakses internet  karena tata letak menu internet tidak dimasukkan dalam mode tersebut. "Intinya adanya Kid Mode ini orang tua bisa melakukan kontrol meskipun membekali anak-anaknya dengan gadget yang canggih," urai Silvy.
Bahkan saat gatget iyang digunakan merupakan alat kerja, orang tua juga tidak perlu kawatir karena anak-anak yang bermain gadget ini tidak bisa menjamah data tersebut. Wanita asal Singosari ini juga menjelaskan Kid Mode aman lantaran Samsung membenamkan fitur Parental Control. Fitur tersebut berfungsi mengatur konten, Kids UX untuk menghadirkan tampilan home screen bertema anak-anak, serta Kids Native Applications yang merupakan aplikasi-aplikasi khusus untuk anak-anak. "Perkembangan teknologi saat ini tidak hanya bisa dinikamti orang tua, tapi juga anak-anak. Dengan Galaxy Tab 4 ini, semuanya bisa didapat," tandasnya.
Sementara untuk perangkatnya sendiri, Silvy mengatakan Galaxy Tab 4 ini hadir dengan tiga versi yakni Tab 4 7, Tab 4 8 dan Tab 4 10. Tidak banyak perbedaan yang diusung pada masing-masing versi tersebut selain luas layarnya yaitu 7 inci untuk versi Tab 4 7, 8 inci untuk Tab 4 8 dan 10.1 inci untuk Tab 4 10. Layar yang diusung pada perangkat yang menjadi generasi ke empat seri Tab besutan Samsung ini adalah TFT capacitive touchscreen. Untuk ukuran dan resolusinya sesuai versi masing-masing.
Perangkat ini dibekali dengan kapasitas memori RAM 1.5 GB dan memori internal 16 GByang dapat diekspansi menggunakan Micro SD card berkapasitas 64 GB.  Perangkat ini juga telah dibekali dengan koneksifitas HSDPA, 42 Mbps, LTE, Wi-Fi, microUSB v2.0, Bluetooth V4, serta berjalan dengan Operating Sistem Android versi terbaru yakni versi 4.4 KitKat.
Untuk kinerjanya Samsung mempercayakan chipset besutan Qualcomm Snapdragon 400, Quad core, 1,2 GHz, ARM Cortex -A7. Perangkat ini juga dibekali dua kamera masing-masing 3.15 megapiksel untuk kamera utamanya dan 1.3 megapiksel untuk kamera kedua di depan. (vik/udi)