A526, Smartphone Baru dari Keluarga Lenovo

MALANG – Lenovo kian getol menciptakan produk baru. Terhitung sejak awal tahun 2014 lalu, lebih dari lima produk baru dikenalkan perusahaan asal Tiongkok ini. Diantaranya A850, A859, S650, S660. Kali ini, Lenovo mengenalkan A526 sebagai perangkat barunya. Seperti empat produk di atas, Lenovo A526 ini telah dibekali dengan Operating Sistem (OS) Android berotak empat inti.
Promotor Lenovo, Sisca Dyah Ratna menguraikan, A526 ini diciptakan untuk kelas menengah. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 1.7 jutaan. “Kami menyajikan produk yang mumpuni, baik dari segi spesifikasi maupun fitur,’’ urai Sisca.
Dikatakan oleh Sisca, meskipun hadir dengan harga yang terjangkau, Lenovo A526 bukanlah produk yang murahan. Sebaliknya, perangkat ini telah dibekali dengan kinerja yang gahar. Prosesor dari MediaTek MT6582M, Quad Core ARM Cortex A-7, siap melaju dengan kecepatan 1.3 GHz. Ditambah dengan memory RAM 1 GB, membuat perangkat ini sangat ringan untuk kegiatan multitasking.
“Pengguna bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus, tanpa perlu khawatir perangkatnya nge- hang,’’ katanya.
Bukan itu saja, Lenovo juga melengkapi perangkat ini dengan pengolaan grafis dari Mali-400MP. Sehingga pengguna yang ingin bermain game akan mendapatkan gambar detail.
Sementara untuk layarnya, ponsel ini mengusung layar jenis TFT seluas 4.5 inci, 854 x 480 piksel, dengan kepadatan warna 218 ppi. Layar yang ditanam memang tampak biasa. Pengguna tidak akan melihat ketajaman di layar A526. Sebaliknya, secara interface layar A526 terlihat sedikit pucat.
Di sisi fotografi, ponsel ini hanya mengusung lensa berkekuatan 5 megapiksel untuk kamera utamanya. Sedangkan di depan Lenovo hanya membenamkan lensa VGA. Kecilnya resolusi kamera yang ditanam cukup wajar untuk menekan budget. Mengingat perangkat ini hanya dibanderol dengan harga yang relatif murah.
Sementara untuk koneksifitasnya, perangkat ini cukup lengkap. Ponsel ini telah mendukung jaringan 3G HSDPA, yang mampu berselancar internet dengan lancar dan cepat. Ponsel ini juga dilengkapi dengan WiFi serta Bluetooth untuk transfer data dengan  cepat.
Ponsel ini juga mengusung desain yang sederhana. Tidak banyak tombol fisik ditanam pada bodi perangkat. Kalaupun ada, tombol fisik ini hanya ada di bagian samping kiri dan kanan ponsel, yaitu tombol on/off dan tombol volume. Sedangkan tombol menu, dan back, Lenovo masih menggunakan tombol sentuh yang terletak di bagian bawah layar.(vik/fia)