Dibanderol Murah, Sony Xperia E1 Tetap Stylish

MALANG – Sony Xperia E1 menjadi ponsel yang banyak diperbincangkan para pecinta gadget selain Asus seri Zenfone. Itu karena ponsel besutan perusahaan asal Jepang ini hadir dengan fitur multimedia yang sangat lengkap.  Mulai dari music, film hingga album, disajikan lengkap pada perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 1.6  jutaan  ini. 
Secara fisik, perangkat baru ini memang tidak bisa dibilang murahan. Sekalipun tubuhnya dibalut dengan casing berbahan plastic jenis polycarbonate, tampilan fisiknya tetap menawan. Bahkan bisa dikatakan, desain ponsel berdimensi 118 x 62.4 x 12 mm ini   mirip dengan Xperia Z. Ya meskipun tidak diciptakan sebagai ponsel yang tahan air dan tahan debu seperti Xperia Z, setidaknya ponsel ini menjadi ponsel yang tangguh dan bias dibawa kemana-mana. 
“Ini merupakan smartphone Sony yang terjangkau tanpa menghilangkan rasa yang stylish serta premium,’’ kata Customer Service Erafone Agusti Dewi.
Minimnya tombol pada body menjadi ciri khas Sony untuk berbagai produknya. Perangkat ini hanya memiliki tombol fisik di sisi kanan. Yakni tombol power, serta tombol untuk khusus Walkman, yang dipadukan dengan tombol pengaturan volume. Bedanya, dengan produk Sony lainnya, perangkat ini tidak dibekali dengan tombol shuter yang menjadi ciri khas Sony dalam urusan fotografi.  Sedangkan di bagian belakangnya, terdapat kamera dan spiker.
Menurut Dini, spiker yang ditanam Sony pada Xperia E1 bukanlah spiker biasa. Adanya menu xLOUD  dan ClearAudio +, perangkat ini mampu menciptakan suara yang bombastis. Bahkan kolaborasi dua teknologi tersebut mampu menciptakan suara hingga 100dB. “xLOUD mampu menciptakan suara lebih keras dibandingkan speaker biasa. Sedangkan ClearAudio+ mampu mennciptakan suara yang bening dan menciptakan suara bass. Sehingga jika keduanya dipadukan, pengguna pun dapat mendapatkan sensasi suara layaknya speaker mahal,’’ kata gadis yang biasa dipanggil Dini ini.
Selain itu, kelebihan lain pada perangkat ini adalah adanya tombol Walkman. Tombol ini disediakan khusus untuk memudahkan pengguna masuk pada menu music.  
“Ini merupakan ponsel seri music besutan Sony. Itu sebabnya disediakan tombol khusus Walkman. Cukup dengan menekan tombol Walkman, pengguna langsung bisa masuk ke menu music bahkan saat ponsel dalam kondisi sleep sekalipun,’’ urainya. 
Bukan itu saja, Sony juga memberikan kemudahan terhadap pengguna untuk mengganti lagu, yaitu dengan hanya menggoyang ponsel. Lagu akan berpinda sendirinya, tanpa perlu masuk pada menu music. Menariknya lagi, pada perangkat ini Sony juga memberikan akses online dan offline secara mudah. Dengan Sony Music Jive yang disediakan, pengguna juga bisa melakukan download music secara gratis selama 6 bulan. 
Meskipun hadir sebagai ponsel seri music, bukan berarti Sony melupakan sisi kualitas layarnya. Dikatakan oleh Dini, layar menjadi penentu utama user untuk membeli produk, selain spesifikasi di dalamnya. Lantaran itulah pada perangkat ini, Sony pun tidak main-main. Teknologi yang tertanam pada TV Sony pun ditanam pada perangkat ini. “Layar yang ditanam berukuran 4 inci, memiliki resolusi 800 x 480 piksel dan didukung 16.7 warna.  Memberikan tampilan yang oke layaknya televisi. Sehingga pengguna pun akan merasa sangat nyaman saat menatap layar ponsel, bahkan saat di bawah sinar matahari sekalipun,’’ tambahnya.
Sedangkan spesifikasi lain pada perangkat ini adalah, Sony xPeria E1 bekerja dengan system Android 4.3 Jelly Bean. Mengandalkan chipset dari Qualcomm MSM8210,  perangkat ini ditenagai dengan Dual Core  1.3 GHz, yang dipadu dengan memory RAM 512 MB dan ROM 4 GB. Perangkat ini juga dibekali dengan baterai yang cukup tahan lama. Kapasitas baterai 1750 mAh, mampu hidup 551 jam dalam kondisi standby, sedangkan untuk talktime, perangkat ini mampu hidup hingga 9 jam. 
“Untuk bermain music, Sony Xperia E1 mampu bertahan hingga 43 jam,’’ tandas Dini. (vik/oci)