Jelang Bulan Suci, Aplikasi Ramadan Mulai Bertebaran

MALANG – Bulan suci Ramadan tidak hanya dinikmati oleh para umat muslim. Namun bulan penuh berkah ini juga dinikmati oleh perusahaan-perusahaan pembuat aplikasi, Mereka secara khusus menyediakan aplikasi untuk bisa dinikmati umat muslim yang menjalankan. Salah satu develepor tersebut adalah Oz Oz Games. Melalui salah satu aplikasi ciptaannya, yakni Ramadan Song perusahaan ini berusaha memberikan sesuatu yang berbeda.
 “Jika kebanyakan aplikasi Ramadan memuat jadwal salat, imsyak, dan waktu berbuka puasa, Ramadan Song berisi lagu-lagu bertema islami,’’ kata Jefri Gigih.
Seperti yang tertera pada Google Play Store, aplikasi Ramadan Song ini diunggah kali pertama tanggal 14 Juni 2013 lalu, dengan file 324 KB. Aplikasi ini sudah diunduh oleh 100.000 pengguna android, dan 625 pengguna memberikan tanda plus 1. “Banyak lagu yang tersedia pada Ramadan Song ini dan bisa didengarkan pengguna,’’ katanya. Lagu-lagu tersebut bisa didengarkan dengan cara steraming, atau diunduh jika pengguna menginginkan.
Bukan itu saja, yang membuat aplikasi ini popular dan mendapatkan empat setengah bintang adalah aplikasi ini juga menyediakan ringtone. Seperti lagu, ringtone tersebut bisa diunduh secara bebas dan gratis.
“Kalau lagu-lagu bertema islam banyak ditemui di link-link yang menyediakan, tapi untuk ringtone sangat jarang. Dengan aplikasi ini semuanya bisa mudah,’’ kata pria asal Banyuwangi ini.
Namun begitu, Jefri mengatakan sejak diunggah kali pertama, hingga saat ini Oz Oz Games belum menyediakan versi terbaru. Alias, aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store ini hingga kemarin masih versi pertama.
“Belum ada pembaruan, tapi itu tidak masalah, karena di dalamnya sudah banyak musik, atau lagu-lagu yang tersedia, dan bisa dinikmati sekaligus menemani pengguna saat menjalankan puasa,’’ tandas Jefri yang mengatakan beberapa aplikasi lain memuat tema Ramadan adalah aplikasi Ramadan 2014, Jadwal Puasa, Menu Buka Puasa, dan Tempat Buka Puasa.(vik/fia)