FaceTime, Video Call Andalan Apple

MALANG – Pengguna gadget besutan Apple tentunya tidak asing dengan fitur bernama FaceTime. Ya Fitur ini sudah sejak lama menghiasi perangkat, mulai dari iPhone 4, iPhone 4s, iPad 2, iPad mini dan seterusnya. Lalu apa yang menjadi kelebihan fitur ini? Head Store iFind Mall Olympic Garden, Eko Santoso menguraikan, FaceTime, merupakan fitur yang dikembangkan, yang didalamnya berisi layanan panggilan video sesama pengguna Apple. Layanan ini cukup mudah, dan tidak banyak makan biaya, karena panggilan video ini tidak memakan pulsa. Pengguna hanya cukup menyambungkan pada jaringan WiFi atau koneksi data seluler.
“Karena chip yang digunakan masih A4, maka FaceTime pada iPhone 4 hanya bisa digunakan menggunakan jaringan WiFi saja, sedangkan digunakan menggunakan paket data belum bisa,’’ katanya. Namun begitu, Apple pun melakukan penyempurnaan, dengan mengenalkan ponsel iPhone 4s. Ponsel baru ini sudah mendukung panggilan video baik menggunakan data seluler maupun WiFi.
Untuk penggunaannya, Eko pun menguraikan, pengguna harus lebih dulu menyalakan FaceTime di Pengaturan.. FaceTime akan memulai pendaftaran nomor telepon seluler yang ditetapkan operator. Masuk dengan ID Apple untuk menggunakan juga email dengan FaceTime. “Setelah nomor telepon terdaftar, langkah selanjutnya hanya  membuka FaceTime pada layar utama, kemudian memasukkan ID Apple, kemudian mencari orang yang ingin dihubungi melalui kontak telepon. Jika orang tersebut juga mendaftar di FaceTime, seketika itu juga akan tersambung,’’ tambah Eko, yang mengatakan, untuk pengaturan masing-masing gadget memiliki perbedaan.
Yang menarik, dalam fitur ini tidak hanya berlaku untuk telepon seluler. Tapi juga pada iPod. Caranya pun tidak berbeda. Saat menghubungi seseorang menggunakan iPad, iPod touch, pengguna hanya perlu memasukkan alamat email yang ditetapkan untuk FaceTime dari orang yang akan dihubungi.
Berbeda dengan fitur pemanggilan video pada umumnya. FaceTime selain mudah dan murah, fitur ini juga bisa diandalkan, karena tidak akan terputus sebelum pengguna memutuskannya. “Saat melakukan pemanggilan video, dan tiba-tiba tidak mendapatkan signal WiFi atau paket datanya habis, yang pengguna masih bisa mendengar suara yang ditelepon. Inilah kelebihannya. Jika fitur lain, sudah tidak ada yang seperti ini,’’ tandas Eko. (vik/fia)