Kampanye Capres RI Warnai Toko Aplikasi

MALANG – Majunya  gubernur Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden, mendapat sambutan posited dari banyak pihak. Tidak terkecuali para pembuat aplikasi, beramai-ramai menciptakan aplikasi terkait Jokowi.  Terakhir, aplikasi Jokowi yang diunggah di mesin pencarian Android yakni Google Play Store adalah Indonesia Messenger (I’M).  Aplikasi  tersebut diunggah pada 23 Juni 2014 lalu oleh Enterpreneur and professional for Jokowi (EP for Jokowi).
Aplikasi I’M sendiri, merupakan aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk pengguna perangkat mobile maupun desktop (PC/Laptop). Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Mario Hamzah, salah seorang yang telah mendownload aplikasi ini mengatakan, I’M tidak ubahnya dengan aplikasi-aplikasi chatting pada umumnya. Pengguna bisa berkirim pesan, dengan pengguna lain, tanpa harus khawatir kehabisan pulsa.
“Operasional aplikasi ini menggunakan paket data, sehingga pengguna tidak memiliki pulsa masih bisa berchatting ria,’’ kata Mario.
Jika dibandingkan dengan Line atau Whats App yang dibekali dengan banyak stiker, I’M memang jauh lebih sederhana. Pihak pencipta tidak membenamkan stiker di dalam aplikasi ini. Sehingga pengguna pun tidak banyak melakukan kreasi.
Yang membuat aplikasi ini menarik adalah adanya beberapa fitur. Namun begitu, fitur-fitur yang tersaji pada perangkat ini umumnya untuk pemenangan pasangan calon Jokowi-JK. “Karena dibuat saat masa kampanye, yang terlihat fitur di dalamnya bernuansa pencitraan. Alasannya semua fitur di dalam aplikasi ini adalah berkaitan dengan pemenangan Jokowi-JK pada pilpres akan datang,’’ katanya.
Mario sendiri mengatakan, bisa didownload melalui perangkat Android, aplikasi ini juga bisa di download melalui Windows Phone ataupun BlackBerry.
Selain I’M, masih banyak aplikasi terkait Jokowi di Google Play Store. Salah satu yang terbaru adalah Jokowi GO!. Game ini miri dengan Subway Surfer. Pemain bisa memilih karakter pendukung Jokowi untuk berlari di sepanjang jalan sembari mengumpulkan poin.
Saat bermain, gamer akan disuguhi visi misi Jokowi, salah satunya bertuliskan Bersama Membangun Kedaulatan Pangan. Aplikasi lain adalah Jokowi Jumper, Jokowi Aku Ra Popo, dan ayo Jokowi.
Tidak diketahui jelas, apakah aplikasi ini bertahan hingga musim pencalonan selesai, atau masih tetap bnertengger di Google Play store. “Kalau peminantanya banyak kemungkinan tidak akan dihapus dari market. Namun jika peminatnya sedikit, jelas akan langsung dicabut,’’ katanya.
Selain Jokowi, aplikasi Prabowo juga mewarnai Google Play Store. Namun aplikasi tersebut kurang familiar, sehingga orang pun banyak yang tidak tahu dengan aplikasi tersebut.  Mario juga menekankan, baik aplikasi I’M, maupun aplikasi Prabowo,  semuanya bisa di download secara gratis. “Penasaran bisa langsung coba,” tandas Mario.(vik/fia)