Galaxy Tab S Siap Beraksi

JAKARTA - Galaxy Tab S, tablet flagship Samsung dipastikan mendarat ke Indonesia. Dibekali spesifikasi kelas atas dan bodi yang sangat ramping, Galaxy Tab S diharapkan mampu berbicara banyak di pasar tablet PC high end.
Galaxy Tab S terdiri dari dua versi, yaitu model 8,4 inch dan model 10,5 inch. Menurut Selvia Govar selaku Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Galaxy Tab S punya keunggulan di bidang teknologi layar dan desainnya yang diklaim premium.
"Teknologi layar Super Amoled di Galaxy Tab S menghasilkan tampilan foto dan video yang sangat baik. Galaxy Tab S juga punya desain premium," kata Selvia dalam acara perkenalan Galaxy Tab S di Jakarta.
Saat dilihat, Galaxy Tab S memang menyajikan tampilan layar yang sangat jernih berkat resolusi tinggi 2.560x1.600 pixel. Selvia mengklaim, di bawah sinar matahari pun layar Galaxy Tab S dapat terbaca dengan jelas.
Bodinya pun terasa elegan dan ringan dalam genggaman berkat ketipisannya. Sebagai catatan, Galaxy Tab S versi 8,4 inch maupun yang 10,5 inch ketebalannya hanya 6,6 mmAdapun casing belakangnya bertutul-tutul, terinspirasi oleh desain Galaxy S5.
Dua model Galaxy Tab S yang masuk Indonesia dibekali prosesor octa core yang terdiri dari 1,9 GHz quad core dan 1,3 GHz quad core, ditunjang dengan RAM 3 GB. Jeroan gahar di atas kertas itu mampu diterjemahkan dengan baik dalam operasionalnya yang lancar, nyaris tanpa kendala.
Spesifikasi kunci Galaxy Tab S 8,4 inch maupun 10,5 inch identik. Sebut saja kamera 8 megapixel dengan LED Flash, kamera depan 2,1 megapixel, storage internal 16 GB dan slot microSD sampai kapasitas 128 GB. Yang berbeda kapasitas baterainya, model 8,4 inch dibekali baterai 4.900 mAh sedang model 10,5 inch punya baterai 7.900 mAh.
Sistem operasi kedua model tersebut sama-sama Android 4.4 KitKat. Tapi seperti biasa, ada kustomisasi dari Samsung dengan user interface TouchWiz andalannya.
Selain layar jernih dan bodi langsing, Galaxy Tab S punya fitur unggulan lain. Sebut saja pemindai sidik jari seperti di Galaxy S5, dan fitur ultra power saving mode yang jika diaktifkan, baterai Galaxy Tab S bertahan jauh lebih lama. Ada pula kapabilitas menarik di mana tablet ini bisa dioperasikan cukup dengan menyentuhkan ujung pensil sebagai pengganti stylus, tapi disetting terlebih dahulu.
Lalu kapan tablet premium Samsung ini masuk Indonesia? "Direncanakan pada bulan Juli ini," sebut Selvia. Adapun harganya masih digodok oleh pihak Samsung. Selvia memberi bocoran, di kisaran Rp 6 juta-Rp 7 juta untuk model 8,4 inch dan kisaran Rp 7 jutaan untuk model 10,5 inch.
Samsung tak lupa memamerkan beberapa aksesoris resmi yang direncanakan hadir bersamaan dengan pemasaran Galaxy Tab S. Yaitu book cover dan simple cover sebagai pelindung Tab S serta keyboard bluetooth.(net/fia)