Canon dan Microsoft Berkolaborasi

MICROSOFT dan Canon menandatangani perjanjian kerjasama lisensi paten pada Rabu (2/7) lalu. Perjanjian ini menyangkut persetujuan lisensi paten dari masing-masig perusahaan. “Kolaborasi dengan Canon ini memungkinkan kami menciptakan teknologi yang menguntungkan konsumen di seluruh dunia,” kata Nick Psyhogeos dari grup properti intelektual Microsoft dalam sebuah pengumuman di situs perusahaan itu.

Besarnya nilai dan isi perjanjian tak diungkapkan secara detail , namun disebutkan mencakup produk dan layanan yang luas, termasuk teknologi pencitraan digital dan produk mobile.

Sejumlah dugaan pun puncul. Petapixel melansir bahwa, dengan adanya perjanjian ini, Microsoft bisa memakai teknologi kamera Canon di ponsel Lumia.

Sejak masih dimiliki oleh Nokia, lini smartphone Lumia memang dikenal menitikberatkan pada kemampuan kamera. Nokia juga mengadopsi lensa kamera bikinan Carl Zeiss pada beberapa ponsel. Hal sebaliknya pun disinyalir juga mungkin terjadi, yakni Canon membikin “kamera pintar” macam Galaxy Camera dari Samsung. Hanya saja, untuk sistem operasinya digunakan Windows Phone besutan Microsoft.(kps/fia)