Tongsis Makin Narsis

MALANG – Demam foto diri sendiri, tidak hanya dimanfaatkan perusahaan seluler dengan menciptakan ponsel berkamera. Demam selfie juga dimanfaaatkan perusahaan aksesoris, untuk menciptakan perangkat pendukung. Monopod salah satunya. Setelah beberapa waktu lalu mengenalkan monopod yang berfungsi sebagai tongkat narsis (tongsis) model Z07-1, kini perusahaan asal Tiongkok ini mengenalkan monopod model Z07-5.

Karyawan Starlet Accesories Mall Olympic Garden (MOG) Ariska Voni Yusefi menjelaskan, secara fisik antara model Z07-1 dengan model Z07-5 tidaklah berbeda. Keduanya berbentuk tongkat yang di bagian atasnya terdapat baut sebagai pengait horder ponsel. Namun begitu, model Z07-5 lebih canggih. Karena telah dilengkapi dengan tombol shutter di bagian gagang, maka pengguna tidak perlu menggunakan self timer atau smile detection untuk berselfie ria.

“Tombol tersebut tersambung dengan bluetooth ponsel yang digunakan foto selfie. Pengguna cukup mengatur posisi terbaik, kemudian menjepretnya setelah pas. Dengan begitu hasil yang didapatkan pun sangat maksimal,’’ kata Riska.

Seperti tombol narsis, koneksifitas bluetooth pada monopod ini bekerja dengan daya baterai. Tapi tidak perlu khawatir, untuk pengisian penuh, tombol ini bisa menjepret hingga 500 jepretan. Jika baterainya habis, pengguna  bisa melakukan pengisian ulang, menggunakan charger ponsel atau charger lainnya.

Riska juga mengatakan perbedaan lain antara model Z07-1 degan model Z07-5 adalah pada paket pembelian, model Z07-5 menyertakan dua holder. Yakni untuk ponsel dengan lebar layar 4 inci ke bawah dan holder untuk ponsel 4 inci ke atas.

Namun begitu, jika model Z07-1 bersifat universal, sedangkan Z07-5 tidak. Tongsis ini sifatnya lebih privat. “Sambungan bluetooth-nya yang membuatnya lebih privat. Kalau sudah tersambung dengan satu perangkat Android, tidak bisa tersambung dengan iPhone atau perangkat iOS,’’ urainya.

Sementara untuk spesifikasinya, antara model Z07-1 dengan model Z07-5 tidak berbeda. Perangkat ini memiliki berat sekitar 130 gram. Perangkat ini hanya mampu mengangkat beban maksimal 500 gram. Perangkat ini bisa dipanjangkan hingga 97 cm sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dari atas.

Karena memiliki banyak kelebihan, model Z07-5 ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal, yaitu Rp 350 ribu. Sedangkan untuk model Z07-1 dibanderol dengan harga Rp 90 ribu saja. “Cukup terjangkau untuk hasil yang memuaskan,’’ tandas Riska.(vik/fia)