Telkomsel Masyarakatkan T-Zone

MALANG –Telkomsel terus berupaya untuk ikut mengembangkan sentra bisnis di segmen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya adalah dengan meluncurkan layanan T-Zone pada Juni lalu.

Head of Corporate Communications Telkomsel, Andik Setiawan menjelaskan Telkomsel T-Zone merupakan access point (serupa dengan WiFi) yang dapat memberikan cakupan khusus (private area) berupa jaringan 3G. Sehingga dengan adanya layanan ini, pemilik UMKM pun bisa mengembangkan usahanya.

“T-Zone ini layaknya mini BTS (Base Transceiver Station), yang dapat digunakan secara bersamaan hingga 32 pengguna,’’ katanya.

Dia menjelaskan, aktifitas T-Zone Access Point membutuhkan koneksi Internet melalui jaringan Internet broadband DSL. Namun begitu, pengguna layanan T-Zone tidak perlu khawatir karena banyak layanan Internet broadband tersedia. Contohnya seperti Telkom Speedy, maupun satelit. “T-Zone memberikan ketersediaan jaringan yang lebih khusus (private) dan aman, bahkan di lokasi yang sulit untuk dijangkau seperti rig lepas pantai, perkebunan atau lokasi pelosok lainnya dimana akses terhadap jaringan 3G terbatas atau tidak tersedia,’’ katanya.

Selain pemilik UMKM, T-Zone juga menyasar masyarakat yang tinggal di area pelosok maupun, yang tidak tercover jaringan operator seluler. Ia menambahkan, layanan ini sangat membantu para pelaku usaha mengembangkan bisnis dan menekan biaya komunikasi dalam menjalankan usaha.

Layanan T-Zone juga memiliki kelebihan diantarannya, menawarkan komunikasi gratis sesama anggotanya (MyGroup – Layanan Suara dan SMS). Selain itu juga aplikasi tambahan seperti Employee Management, VIP Attendance & Notification, Visitor Alert dan Location Base Promotion pada jalur komunikasi yang aman/khusus.

Layanan Employee Management, merupakan layanan yang membantu UMKM untuk manejemen kehadiran dari karyawan dimanapun, dan kapanpun  tanpa harus berada di lokasi kerja. Selain itu juga ada Push Location Based Advertising (LBA) yang berfungsi sebagai alat promosi di lokasi tertentu, dan Welcome Greeting yang dapat mengidentifikasi pelanggan setia atau pelanggan VIP bila mereka memasuki wilayah toko. 

 “ T-Zone didesain untuk dapat digunakan di zona khusus/pribadi (private zone) sehingga dapat membantu para pelaku usaha UMKM seperti pemilik restoran/café dan gerai pakaian untuk melayani pelanggannya dengan lebih baik, dan lebih personal, namun dengan biaya yang terjangkau,” tambahnya.

T-Zone hadir dalam beberapa paket bundling mulai dari Rp 200 per bulan yang meliputi biaya leasing untuk perangkat T-Zone, serta paket untuk rig lepas pantai dengan biaya sewa mulai dari Rp 275 ribu per bulan.(vik/fia)