Lenovo Vibe Z Tampil Elegan

MALANG – Meskipun hadir dengan rentang waktu cukup lama setelah launching, Lenovo K910 akhirnya menampakkan diri. Ponsel  yang dikenal dengan nama  Vibe Z ini sejak sepekan lalu, mulai menghiasi etalase penjualan ponsel di Malang Raya.
Promotor Lenovo, Sisca Dyah Ratna Ponsel menjelaskan, ponsel berdimensi 77,6 x 149,7 x 7,9 mm serta berat 147 gram ini dinilai berbeda dengan produk ponsel pada umumnya. Perbedaan itu bisa dilihat saat kali pertama ponsel dihidupkan.
“Saat layar mulai menyala, Di layar ponsel langsung muncul notifikasi update firmware ke versi terbaru,’’ kata Sisca.
Update firmware tersebut memungkinkan pengguna melakukan upgrade meningkatkan versi sistem operasi dari Android 4.3 Jelly Bean menjadi Android 4.4.2 KitKat. Kondisi tersebut memang jarang terjadi.karena umumnya, Lenovo hanya memberikan update kecil-kecilan  pada perangkat selulernya.
Sementara untuk fisiknya, perangkat ini memang cukup menarik.Salah satunya adalah ponsel ini dibalut dengan material logam. “secara tampilan lebih seksi dan sangat elegan,’’ kata Sisca yang mengatakan untuk bodinya, Lenovo Vibe Z hampir sama dengan Lenovo K900.
Seperti ponsel android pada umumnya, Lenovo juga tidak banyak memberikan tombol. Dia pun menyebutkan di bagian atas Vibe Z alias K910L terdapat konektor handsfree berkabel dan tombol power. Tombol volume berada di sisi kiri, sedangkan konektor micro USB di bagian bawah. Slot kartu micro SIM tersedia di sisi kanan.
“Untuk mengeluarkan slot kartu SIM, pengguna harus memakai alat bantu berupa SIM ejector, jarum, klip kertas, atau peniti,’’ kata gadis yang beberapa waktu lalu baru genap berusia 20 tahun ini.
Di sisi interface, Lenovo itu memanfaatkan layar sentuh jenis In-Plane Switching (IPS) seluas  5,5 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Layarnya tersebut telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3.
Kelebihan lainnya pada perangkat ini adalah kamera. Lenovo membekali Vibe Z dengan kamera berresolusi 5 megapiksel di bagian depan. Kekuatan yang cukup besar tersebut jelas, bahwa ponsel ini layak digunakan untuk foto selfie, dengan hasil memuaskan. Bukan itu saja, ponsel ini juga mampu merekam video full HD 1080p.
Sudut pemotretan yang dapat ditangkap kamera hingga 84 derajat. Hal itu bermakna pengguna yang akan selfie seorang diri lebih leluasa mengatur komposisi. Sudut yang lebar juga mempermudah pengguna melakukan selfie beramai-ramai.
Kamera belakang ponsel berdimensi fisik 77,6 x 149,7 x 7,9 mm dan 147 gram tersebut tak kalah gahar. Ia dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Bukaan maksimal lensa kamera mencapai f/1,8. Jadi, selain andal dipakai memotret di lokasi berpencahayaan terbatas, pengguna berpeluang menghasilkan foto dengan efek bokeh. Objek foto terlihat jelas dan tajam, sedangkan latar belakangnya cenderung kabur. Kamera utama itu dapat menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.
Pengguna yang suka mengeksplorasi fitur kamera pantas mencoba kemampuan magic GIF di ponsel seharga Rp 5,49 ribu ini. Dengan mengaktifkan mode tersebut, pengguna bisa menghasilkan foto yang bergerak di bagian tertentu.
“Fitur lain di perangkat ini adalah Radio FM, lampu senter, SHAREit untuk berbagi file dengan peranti lain via Wi-Fi, multiwindow, dan kompas adalah sebagian fitur lain yang dapat ditemukan di Vibe Z,’’ urai Sisca.(vik/fia)