Tombol Cepat untuk Pecinta Selfie

MALANG – Kesuksesan LG menanamkan tombol di bagian belakang salah satu produknya mendapat respon vendor lainnya.Tidak main-main, yang meniru bukanlah pabrikan local seperti Mito, Advan atau Evercoss. Namun penempatan tombol di bagian belakang produk ini justru digunakan oleh Acer.
Ya, pabrikan asal Taiwan ini menempatkan sebuah tombol di bagian belakang salah satu produk ponselnya yakni Liquid Z5. Tombol special yang terletak tepat di bagian bawah kamera tersebut, disebut dengan AcerRAPID Button.
“Sama-sama di belakang namun fungsinya berbeda. Jika pada LG G2 tombol di bagian belakang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil volume, pada Acer Liquid Z5 tombol tersebut lebih berfungsi sebagai shutter,’’ kata Customer Service Erafone, Agusti Dewi.
Prempuan yang akrab disapa Dini ini menjelaskan, tidak banyak vendor yang melengkapi produk ponselnya dengan tombol shutter. Sebaliknya, vendor lebih memanfaatkan layar sebagai cara pintas untuk mengambil foto. Namun begitu, cara menyentuh layar tersebut sedikit ribet jika digunakan untuk selfie, sehingga Acer pun menciptakan tombol khusus bernamaAcerRAPID Button.
“Dengan AcerRAPID Button, pengguna tidak perlu bingung lagi. Cukup mengarahkan kamera pada objek yang akan difoto, kemudian sentuh tombolnya, saat itu juga objek dapat dibidik dengan baik,’’ kata Dini yang saat itu langsung mempraktekkan fungsi AcerRAPID Button di hadapan Malang Post dengan menjepret dirinya sendiri berulang kali. “Cukup mudah dan sangat praktis,’’ urainya.
Namun sayang, Acer sendiri tidak mengimbangi kemudahan itu dengan lensa yang cukup baik. Sehingga meskipun diambil dengan sangat mudah, hasilnya pun kurang maksimal. “Kamera depannya hanya mendukung lensa VGA, sehingga hasilnya pun sangat kurang,’’ tambah Dini. Hasil kamera depan berbeda jauh dibandingkan dengan kamera bagian belakangnya. Bahkan, Acer mengklaim hasil foto Acer Liquid Z5 lebih baik dibandingkan dengan ponsel setingkatnya. Itu karena, Acer Liquid Z5 dilengkapi kamera 5 megapiksel auto focus dengan sensor BSI danlensa f/2.4.Sensor BSI (back-side illumination) ini memang dikenal lebih sensitive terhadap cahaya sehingga dapat menghasilkan foto lebih baik di kondisi cahaya kurang ideal.
“Adanya lima lapisan lensa pada Acer Liquid Z5 menghasilkan foto yang lebih real dibanding camera smartphone 5 megapiksel lainnya,’’ kata gadis berambut panjang ini.
Untuk mode pengambilan gambarnya pun dikatakan Dini Acer Liquid Z5 sangat lengkap. Mulai dari mode Panorama, landscape, atau fitur Smile Shot. Sementara untuk spesifikasinya, ponsel berdimensi 145.5 x 73.5 x 8.8 mm  ini dibekali dengan layar 5 inci FWVGA 854x480 piksel. Ponsel ini bekerja dengan Operating Sistem Android 4.2 Jelly Bean. Sedangkan untuk mesinnya, perangkat ini dibekali dengan prosesor Dual Core masing-masing memiliki kecepatan 1.3 GHz.(vik/fia)