Ramadan, Aksesori Gadget Laris Manis

MALANG – Bulan Ramadan menjadi bulan bagus penjualan gadget dan aksesori. Beragam aksesori menjadi buruan para pemilik gadget. Di ZonaTech Jalan Sigura-gura contohnya, mengalami peningkatan penjualan untuk aksesoris, sejak awal Ramadan lalu. “Paling meningkat penjualannya kabel USB dan adapter. Hampir setiap hari dua aksesoris ini laku hingga 20 unit,’’ kata Head Store ZonaTech Rini Supriatin.
Meningkatnya penjualan kabel dan adapter ini dikatakan Rini tak lain banyak user yang butuh untuk cadangan, dan kedua kabel serta adapter bentuknya unik-unik, sehingga memancing user untuk membeli. “Selain hadir dengan warna-warna lucu, harga aksesoris tersebut juga cukup terjangkau, yaitu Rp 35 ribu per paketnya,’’ kata wanita berjilbab ini.
Selain kabel, power bank juga mengalami peningkatan penjualan. Yang paling banyak diburu adalah power bank yang memiliki kapasitas 5600 mAh ke atas. Sedangkan untuk power bank yang berkapasitas 3000 mAh ke bawah  hanya merek-merek tertentu saja yang diburu,’’ tambah Rini.
Head set atau ear phone juga tidak ketinggalan. Menurut Rini dari data penjualan di outletnya, earphone berada di urutan ke tiga setelah dua aksesori di atas.
Selain earphone, power bank serta charger, flip cover dan leather case juga mengalami peningkatan penjualan. Di Perdana Cell salah satunya. Penjualan dua aksesoris ini mengalami peningkatan cukup signifikan. Erni karyawan Perdana Cell Malang Town Square (Matos) mengatakan penjualan dua aksesori tersebut mengalami peningkatan sejak awal puasa.
Peningkatan penjualan ini cukup wajar, lantaran banyak user yang ingin merubah penampilan perangkatnya. “selain merubah penampilan, leather case juga berfungsi sebagai pelindung gadget,’’ katanya.
Tongkat narsis dan lensa tambahan ponsel juga menjadi barang yang diburu di sejumlah toko penjualan aksesori gadget. Meskipun keduanya hadir baru-baru ini, tapi angka penjualan keduanya cukup tinggi.(vik/aim)