Facebook Perbarui Layanan di Android

MALANG - Facebook kembali menyediakan pembaruan untuk versi androidnya. Diunggah 8 Juli lalu, media sosial ciptaan Mark zurgen ini memberikan empat pembaruan sekaligus. Yakni menyukai kalimat foto dan halaman saat pengguna sedabg offline, menghapus tanda yang dibuat pengguna, menghapus tanda yang dibuat oleh teman, serta mematikan dan menyalakan pemberitahuan.
Dengan adanya pembaruan tersebut sudah bisa dipastikan, tampilan media sosial yang digunakan lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia ini  lebih keren. Bukan itu saja, pengguna juga lebih mudah, saat akan membuka aplikasi ini serta beraktifitas di dalamnya.
"Versi terbarunya adalah 12.0.0.15.14, diunggal 8 Juli 2014,dengan kapasitas file 23.72 MB,"kata Neneng Ekawati.
Secara umum tampilan Facebook di versi terbaru ini memang tidak ada perubahan. Pengguna akan lebih dulu dilihatkan pada halaman kabar berita. Di halaman tersebut pengguna bisa melihat berbagai kiriman dari teman, baik foto, ataupun video.
"Foto-foto yang terkirim diunggah peserta berikut dengan keterangan. kita bisa memberikan tanda suka pada kiriman  tersebut meskipun dalam kondisi offline," kata Neneng yang mengaku pernah mencoba.
Bukan itu saja, pada kiriman foto-foto atau status, pengguna bisa langsung menambahkan komentar.
Pengguna juga bisa masuk ke profil dengan mudah. Yaitu dengan menyentuh tombol kedua dari atas di kanan. Sedangkan untuk tombol di kanan atas, pengguna bisa langsung melakukan chating dengan teman yang tentunya sedang online."Facebook sekarang juga ada stiker-stiker lucu yang bisa dibagikan kepada teman, sehingga aktifitas chating lebih seru," tambah Neneng, yang mengaku menggunakan Facebook sejak 2008 lalu. Selain tu untuk versi pembaruan ini, Neneng mengaku dirinya bisa menghapus tanda yang diberikan temannya. "Seperti kiriman foto ada tanda kita. Kita yang tidak suka bisa langsung menghapus tandanya tanpa ribet," tandasnya.
Seperti diketahui Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.(vik/fia)