95 Juta Kicauan Pilpres Warnai Twitter

SELAMA masa kampanye terbuka hingga pencoblosan pada Rabu 9 Juli 2014 lalu, tercatat ada 95 juta kicauan terkait pemilihan presiden (Pilpres) yang beredar di timeline Twitter.

Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, Indonesia telah dinilai oleh Twitter sebagai tuan rumah bagi salah satu kelompok terbanyak pengguna media sosial, menempati lima besar bagi pasar pengguna Twitter di seluruh dunia.
Sekitar 30 persen dari total pemilih, atau lebih dari 52 juta orang, merupakan pemilih pemula pada kelompok usia 18-23 tahun. Sehingga tidak mengherankan bilamana partai politik dan politisi menggunakan diplomasi digital dan jaringan sosial seperti Twitter agar dapat berhubungan langsung dengan pemilih pemula.
"Dengan lebih dari 95 juta tweet terkait pemilu dari awal tahun hingga pemilu hari ini untuk pertama kalinya merupakan 'Pemilu Twitter' di Indonesia," tulis Twitter dalam emailnya, Minggu (13/7).
Twitter sendiri telah menganalisa periode masa kampanye dengan intensitas tinggi di antara partai politik serta kandidat terkemuka. Beberapa kata kunci percakapan Twitter antara lain Joko Widodo, Prabowo Subianto, Pemilu 2014, demokrat, Pilpres 2014, dan ekonomi.(dtc/fia)