Aplikasi Ticketing Bertebaran Jelang Lebaran

MALANG - Berbagai aplikasi pemesanan tiket menjelang hari raya Idul Fitri mulai bertebaran. Baik itu di  platform Android maupun iOS. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya, Indonesia Flight. aplikasi yang dibuat oleh Ticket Solutions ini memuat informasi tentang pemesanan tiket secara online. Pengguna bisa langsung memesan tiket pesawat sesuai dengan yang diinginkan. Tanpa harus keluar rumah.
"Pertama yang dilakukan jelas mendownload lebih dahulu aplikasinya yang tersedia di Google Play Store untuk Android dan Apps Store untuk iOS. Setelah terdownload, pengguna bisa langsung membuka. Pertama adalah memilih maskapai. Kemudian bisa langsung  memesan tiket. Dengan mengisi biodata, serta memasukkan tanggal   tanggal pergi dan pulang jika melakukan penerbangan yang sama," kata Head Store iFind, Eko Santoso.
Setelah di enter, pemesan akan mendapatkan kode verifikasi. Dan kode inilah yang nantinya ditunjukkan pada agen penjualan tiket. "Sangat mudah dan tidak ribet. Makanya setiap keluar kota menggunakan pesawat saya selalu membuka aplikasi ini," kata pria asli Surabaya ini.
Bukan itu saja, Eko menerangkan dalam aplikasi ini pengguna juga bisa melihat jadwal penerbangan. Mulai dari jadwal keberangkatan maupun jadwal kedatangan. Sehingga pengguna yang ingin bepergian menggunakan pesawat terbang pun tidak perlu bolak-balik ke penjualan tiket untuk melihat jadwal.
Selain Indonesia Flight, Eko menyebut Traveloka. Aplikasi ini juga bisa didownload melalui platform Android dan iOS. "Untuk isinya hampir sama dengan Indonesia Flight, dalam Traveloka pengguna bisa melihat jadwal penerbangan domestik maupun internasional secara cepat dan mudah. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan pemesanan tiket secara online, dengan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit maupun debit.
"Dari informasi yang saya baca, sejauh ini, Traveloka telah bekerjasama dengan 14 perusahaan penerbangan, termasuk di dalamnya Lion Air, Susi Air, Sky Aviation dan lainnya," kata Eko. untuk teknis pemesanan pun tidak berbeda dengan Indonesia Flight.  Pengguna cukup membuka halaman Traveloka, kemudian memilih maskapai yang akan dinaiki. Selanjutnya memasukkan identitas, dan tanggal keberangkatan untuk yang melakukan pemesanan.
"Sekarang beda dengan dulu, jika dulu kita pesan tiket pesawat dengan mendatangi agent penjualan tiket pesawat, tapi sekarang tidak. Semua pemesanan bisa dilakukan di rumah. Tidak ribet,"kata Eko.
Sementara untuk pengguna yang ingin mudik menggunakan kereta api kini juga ada aplikasi yang bisa di unduh secara online dan gratis. Yakni aplikasi FastKAI. Dalam aplikasi ini pengguna tidak hanya bisa melihat jadwal keberangkatan kereta api, tapi juga bisa melakukan pemesanan, baik itu kereta api kelas exsecutive, bisnis, ataupun ekonomi. Bukan itu saja, dalam aplikasi yang tersedia secara online ini pengguna juga langsung tahu harganya. Sehingga bisa melakukan pemesanan secara langsung.(vik/fia)