Robot Pun Main Angry Bird

BOSAN bermain Angry Birds hanya begitu-begitu saja? Bersiaplah dengan pengalaman baru bermain burung ngamuk ini. Ada robot yang dipersiapkan untuk bermain Angry Birds bersama.
Para ahli robot dari Georgia Institute of Technology, Amerika Serikat, memasangkan sebuah robot humanoid kecil dengan tablet Android. Robot ini akan membantu anak-anak mem-program robot untuk mempelajari keahlian baru.
Seperti dikutip dari Business Standard, Senin (14/7/2014) para peneliti di bidang robotik tersebut mempersiapkan robot yang terintegrasi dengan sistem di tablet ini sebagai alat rehabilitasi bagi anak dengan kelumpuhan motorik dan cognitif.
"Robot ini bisa belajar hanya dengan melihat. Dengan sistem yang pintar, dia sudah tahu bagaimana berinteraksi dengan aplikasi di tablet," ujar salah seorang di tim robotik ini, Ayanna Howard.
Lalu bagaimana cara kerjanya? Anak-anak mengajarkan robot bagaimana cara memainkan Angry Birds, dengan menggerakkan jari mereka untuk mengendalikan para burung dalam permainan.
Saat diajarkan, robot akan melihat apa yang terjadi dan merekamnya dalam memori. Mesin robot langsung tahu di mana letak jari harus memulai dan berhenti, serta bagaimana objek di layar saling bergerak.
Ketika tiba giliran si robot diminta memainkannya, dia akan meniru gerakan yang sudah diajarkan sang anak. Robot ini bahkan tahu ketika dia sukses melakukan tembakan. Jika gagal, dia akan menggelengkan kepala pertanda kecewa.
Menarik bukan? Jadi, di masa yang akan datang, kita bisa saja mengajak main robot. Bukan tidak mungkin, robot punya semangat kompetisi dan mengalahkan kita dalam permainan.(dtc/fia)