XL Segera Terapkan Registrasi Prabayar

SURABAYA - PT XL Axiata Tbk (XL), operator telekomunikasi XL kembali melakukan sosialisasi proses registrasi pelanggan prabayar dengan baik dan benar sesuai aturan Pemerintah dan identitas ASLI pelanggan. Registrasi dilakukan karena masih ditemukan maraknya penyalahgunaan nomor selular untuk kegiatan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan telekomunikasi.
GM Finance Management Service XL East Region,  Moch Imam Mualim mengatakan, registrasi pelanggan prabayar ini sangat penting, karena selain sebagai referensi database pelanggan secara nasional yang akurat dan terpercaya, langkah ini juga untuk meminimalisir penyalahgunaan sarana telekomunikasi untuk tindakan kejahatan.
‘’Langkah ini sejalan dengan himbauan dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) bersama-sama Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melalui Surat Edaran BRTI No. 161/BRTI/V/2014 agar  Penyelenggara Telekomunikasi melaksanakan registrasi pelanggan prabayar sesuai dengan Peraturan Menteri No. 23 Tahun 2005 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi,’’ katanya.
Salah satu upaya untuk mengurangi peluang terjadinya penyalahgunaan sarana telekomunikasi adalah dengan meningkatkan keakuratan data pelanggan pada tahap registrasi kartu perdana prabayar. Saat ini registrasi bisa dilakukan sendiri oleh pembeli kartu perdana prabayar dengan dukungan fasilitas yang disediakan oleh XL baik melalui layanan customer service di XL Center, SMS ke 4444, atau melalui web.
Saat ini XL sedang melakukan sosialisasi ke XL Center dan outlet terkait tata cara registrasi pelanggan prabayar dengan berbagai macam cara,  misalnya melalui  sms, sosmed (fb & twitter), workshop, dan mengirimkan surat himbauan.
Di beberapa XL Center dan outlet telah diterapkan registrasi pelanggan prabayar dilakukan oleh penjual bukan oleh pelanggan. Sedangkan dari ATSI, KemKominfo dan BRTI akan membuat flyer/poster untuk mengajak masyarakat mendukung proses registrasi Kartu Perdana sesuai aturan dengan menunjukkan identitas ASLI.
Proses registrasi cara baru ini akan dilaksanakan secara serempak di seluruh galeri mulai 1 Agustus 2014 dan dilanjutkan secara bertahap di Distributor dan Outlet mulai 17 Agustus 2014. Registrasi ini akan dilakukan bersamaan dan serempak oleh semua operator anggota ATSI.
‘’Perubahan proses ini diharapkan mampu mendorong akurasi data pelanggan prabayar semakin membaik. Dengan meningkatnya akurasi data pelanggan prabayar Pemerintah dan Operator melindungi pelanggan prabayar dari penipuan atau sms/telepon spam melalui layanan telekomunikasi prabayar, serta dpt melakukan tindakan penegakan hukum bagi penipu. Di samping itu data pelanggan yang benar akan memberikan keuntungan bagi pelanggan agar mendapat informasi terkini maupun program-program layanan dari XL,’’ katanya. (**/feb)