Apliaksi Wajib Jelang Mudik

MALANG – Mudik menjadi kegiatan rutin saat lebaran. Kondisi itulah kemudian dimanfaatkan sejumlah pembuat aplikasi untuk menciptakan produk yang memudahkan aktifitas mudik. Beberapa aplikasi yang kerap digunakan para pemudik diantaranya adalah Google Maps. Aplikasi yang diciptakan oleh Google ini cukup membantu pengguna saat melakukan perjalanan. Pada aplikasi ini, pengguna tidak sekadar mengetahui jalan mana saja yang perlu dilewati. Tapi dengan versi terbarunya, Google juga menyediakan notifikasi.
“Notifikasi ini sangat memudahkan kita dalam perjalanan. Contohnya kita akan menuju rumah, Google akan memberikan notifikasi 1 KM menjelang sampai. Termasuk saat melintas di simpang tiga, Google akan memberikan notifikasi pengemudi untuk belok ke kanan atau ke kiri,’’ kata eva Soraya, salah satu pengguna Google Maps, dan memanfaatkannya setiap perjalanan ke luar kota.
Eva mengatakan Google Maps yang tersambung dengan GPS ini sangat memudahkan perjalanan. Tidak hanya di dalam kota, tapi juga di luar kota. “Yang perlu dilakukan adalah, lebih dulu membuka aplikasinya. Untuk yang belum memiliki bisa download aplikasi di Google Play Store untuk pengguna Android, secara gratis. Kemudian untuk menuju tempat tujuan, pengguna langsung mengetik tempat yang dituju, sangat mudah,’’ katanya.
Menariknya lagi, untuk tampilan versi terbaru ini, Google juga menyediakan versi 3D. Dengan begitu, tampilan Google Maps pun lebih menarik, dan nama jalan akan lebih jelas, sehingga perjalanan akan lebih mudah.
Selain Google Maps, aplikasi peta yang memudahkan pengguna saat mudik adalah Waze. Penampilan Waze memang tidak berbeda dengan Google Maps. Hanya saja, aplikasi ini lebih memudahkan, karena pengguna bisa terkoneksi melalui media sosial seperti Facebook.
“Waze merupakan aplikasi GPS sekaligus media sosial. Dengan menggunakan Waze, kita dapat berbagi informasi mengenai kondisi di jalanan seperti kemacetan atau terjadi, kecelakaan, hingga keberadaan polisi, karena bisa langsung dishare melalui media sosial,’’ kata Anisa Dian Safitri.
Dian begitu gadis ini  kerap dipanggil mengatakan, untuk menjalankan aplikasi ini pengguna wajib membuat akun. Akun tersebut bisa langsung terhubung dengan Facebook. Yang membuat aplikasi ini berbeda, pengguna Waze ini juga bisa langsung terhubung atau mengetahui ada teman-teman yang posisinya berdekatan. Sama seperti Google Maps, aplikasi ini bisa didownload pengguna melalui Android secara gratis. Aplikasi ini juga tersedia di iOS dan Windows Phone.
HereDrive juga menjadi aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mudik. Berbeda dengan dua aplikasi di atas, aplikasi peta buatan Windows ini bisa dibuka meskipun dalam kondisi offline. Tak pelak, dengan aplikasi ini, pengguna pun tidak perlu khawatir pulsanya habis, lantaran langsung tersambung dengan GPS.
“Untuk akurasinya, meskipun dalam kondisi offline, aplikasi ini cukup memuaskan, pengguna bisa sampai tujuan, dengan melihat titik merah yang ada pada peta,’’ kata Indah yang mengatakan, aplikasi ini merupakan bawaah ponsel berbasis windows phone.
Selain peta,  beberapa aplikasi lain yang diperlukan saat mudik adalah reservasi tiket. Ada beberapa yang cukup bagus, diantarannya adalah Aplikasi mobile dari situs e-commerce Tiket.com ini menawarkan kemudahan untuk melakukan reservasi melalui smartphone. Meskipun untuk saat ini di versi mobilenya Tiket.com baru menawarkan fitur reservasi tiket pesawat, perusahaan ini berencana untuk memungkinkan pengguna melakukan reservasi hotel, kereta api, tiket konser, dan rental mobil seperti yang ditawarkan di situsnya.
Aplikasi ini menampilkan berbagai pilihan penerbangan dari maskapai penerbangan di Indonesia. Setelah Anda menentukan jam penerbangan dan harga yang sesuai, pengguna dapat melakukan pembayaran melalui metode kartu kredit, klikBCA, transfer ATM, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks, ePay BRI, dan m-Banking lainnya. Setelah konfirmasi, tiket akan dikirimkan.
Indonesia Flight merupakan aplikasi untuk melakukan reservasi pesawat yang bekerja sama dengan Tiket.com untuk menampilkan pilihan penerbangan baik domestik maupun internasional. Karena diciptakan oleh Tiket.Com tampilan aplikasi ini juga sang mirip. Hanya saja kelebihan aplikasi ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengecek status pemesanan dan melihat history pemesanan tiket.
Sementara untuk reservasi tiket KA, pengguna bisa mendownload aplikasi Tiket Kereta Api. Aplikasi ini baru tersedia untuk gadget berbasis Android. Cara kerjanya pun mirip dengan dua aplikasi di atas, yakni pengguna bisa melakukan reservasi tiket tiket kereta api untuk semua tujuan dan semua kelas.(vik/fia)