Jaringan Indosat Siap Hadapi Lebaran

MALANG – Indosat memastikan jaringannya telah siap saat lebaran nanti. Kesiapan tersebut, seiring dengan rampungnya modernisasi jaringan, yang dikebut sejak setahun silam. “Lebaran sudah dipastikan terjadi lonjakan trafik, baik itu voice, SMS maupun data. Tapi dengan modernisasi jaringan ini, semua itu bisa teratasi,’’ kata Grup Head Marketing Communication Indosat, Andrini Novie Hastuti.
Kepada Malang Post wanita berambut pendek ini mengatakan, sebelumnya Indosat sudah melakukan road show network modernisasi jaringan sebelum Ramadan lalu di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Bali. Sepanjang jalur yang ditempuh, jaringan Indosat terbukti stabil.
“BTS kami memang tidak banyak, namun dengan adanya modernisasi jaringan ini, kami menjamin pelanggan akan merasakan kenyamanan, baik saat menelpon, SMS maupun layanan data,’’ katanya.
Dia juga mengatakan dengan modernisasi jaringan ini, pihaknya melakukan penambahan frekuensi, menjadi 2100, 1800 dan 900. “Jika di frekuensi 2100 penuh, secara otomatis akan berpindah pada frekuensi 1800, jika penuh juga bisa beralih lagi ke frekuensi 900. Ini menjadi langkah kami untuk menghadapi lonjakan trafik, tanpa harus menambah BTS,’’ urainya.
Novie mengatakan, kenaikkan trafik sebetulnya sudah dialami Indosat sejak awal Ramadan lalu seiring dengan adanya promo gratis telepon dan SMS dari Indosat.  Diterangkan oleh Novie, kenaikan trafik  paling terlihat saat jam sibuk, dan jam 03.00, menjelang sahur.  
“Aktifitas sahur membuat trafik komunikasi meningkat tajam di jam dini hari,’’ urainya.  
Dia mengatakan, program gratis nelpon dan SMS ini sebagai wujud komitmen Indosat yang mengerti kebutuhan spesifik pelanggannya di saat Ramadan dan menjelang lebaran, Indosat persembahkan Program Gratis Nelpon dan Gratis SMS ke semua operator selama 24 jam dan program-program menarik lainnya untuk mendukung semua aktifitas selama Ramadan.
”Kami berharap apa yang kami hadirkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dan pelanggan untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan kerabat dan juga keluarga dimanapun dan kapanpun,”  urainya.
Selain itu, Novie juga mengatakan  jika tahun ini Indosat tidak mendirikan posko-posko mudik seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun sebaliknya, untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan pihaknya bekerja sama dengan warung-warung di sepanjang jalur mudik. Dikatakan olehnya, di warung-warung yang bekerja sama dengan Indosat, pelanggan masih bisa melakukan top up mulai dari Rp 5000. Bukan itu saja, di beberapa rest area, Indosat juga menyediakan jaringan WiFi yang bisa dimanfaatkan pelanggan saat istirahan sambil internetan.(vik/fia)