LG G3 Dibekali Notifikasi Pintar

MALANG - Akhir Mei lalu LG melakukan show of force dengan mengenalkan ponsel barunya bernama LG G3, dibanderol dengan harga Rp 7.199.000. Ponsel ini memang tergolong mahal. Terlebih untuk kelas menengah. Tapi begitu saat  harga tersebut sangat pantas, seiring dengan banyaknya kelebihan yang tertanam pada ponsel dengan layar 5.5 inci ini. Lalu apa saja kelebihannya?
Promotor LG, Ita Septiani memaparkan, fisik LG G3 masih mengadopsi pendahulunya yaitu LG G2. Dengan bentuk melengkung disetiap sudut, ponsel ini juga tidak memiliki tombol di bagian sisi kiri, kanan ponsel. Tombol power dan pengaturan volume ditempatkan LG di bagian belakang layaknya ponsel LG G2.
"Fisiknya memang tidak berbeda, kalaupun ada paling mencolok di bagian belakang. Itu karena penutup baterai LG G3 didesain tidak mulus, alias menggunakan desain garis-garis halus," katanya. Garis-garis halus tersebut selain membuat tampilannya elegan, juga memberikan rasa nyaman untuk penggunanya.
Namun bukan itu menjadi titik point kelebihan LG G3. Diterangkan wanita asal Pakis ini, kelebihan utama LG G3 ada pada tampilan antar mukanya yang berbeda.  Pengguna bisa bebas melakukan personalisasi home screen. Dengan mengubah atau menghapus ikon standart aplikasi atau fungsi pada perangkat.  Contohnya, tiga ikon pertama di deretan terbawah home screen G3 penulis ganti menjadi nama buah, atau nama mobil bisa langsung dilakukan tampa harus ribet.
Bukan itu saja, Smart Notice pada LG G3 juga menjadi salah satu kelebihan. Smart Notice dikatakan Ita berfungsi sebagai pengingat atau pemberitahuan yang bersifat relevan. Misalnya, pengguna diingatkan bila ramalan cuaca menyatakan di lokasi pengguna bakal turun hujan. Lain waktu, kalau ada panggilan telepon tak terjawab, beberapa waktu kemudian smart notice otomatis mengingatkan pengguna. Pengguna sekaligus ditanya apakah ingin menelepon balik nomor tersebut.
"Selain Smart Notice, kelebihan lain pada ponsel dengan kamera 13 megapiksel ini adalah smart cleaning," kata ibu satu anak ini.
Smart Cleaning sendiri memiki fungsi  membantu pengguna mendeteksi file-file yang tidak terpakai di ponsel. Selanjutnya, kalau mau, pengguna dapat menghapus kumpulan file tersebut hanya dengan satu sentuhan.
Wanita berambut panjang ini juga mengatakan, meskipun hadir sebagai ponsel layar sentuh, namun LG tetap memberikan kenyamanan kepada pengguna saat mengetik pesan. Ada dua papan ketik virtual yang disediakan LG diponsel yang memiliki memory RAM 3 GB ini. Yakni SwiftKey Keyboard yang tersedia di Play Store dan papan ketik virtual ala BlackBerry 10. Dua papan ketik ini bisa dirubah ukuran tombolnya menjadi lebih kecil maupun lebih besar.
Seperti layaknya ponsel pintar, ponsel ini juga mampu  menyodorkan pilihan kata. pengguna hanya perlu  menyapukan jempol kiri atau kanan ke kolom yang sejajar dengan pilihan kata itu. Pengguna tak usah menggerakkan jari untuk menyentuh kata yang ingin dipilih. Tangan pengguna juga tidak perlu bergeser ke bagian atas layar ketika hendak memperbaiki kalimat yang salah ketik. Cukup hanya menyentuh dengan ujung jari. "Menggunakan user interface pada LG G3 memang sangat memudahkan dan memberikan rasa nyaman kepada siapapun penggunanya.
Sementara untus spesifikasi lainnya, Ita pun mengtakan ponsel ini mengusung layar jenis In Plane Switching (IPS) seluas 5.5 inci. Resolusi yang digunakan pun sangat mumpuni, yakni empat kali QHD.
G3 memanfaatkan prosesor empat inti (Quad Core) Qualcomm MSM8974 2,5 GHz. Ponsel bersistem operasi Android 4.4.2 Kitkat itu juga dibekali WiFi, Bluetooth, NFC, dan GPS. Ia sebenarnya telah mendukung layanan LTE. Namun, karena sampai sekarang belum ada operator GSM Indonesia yang menggelar LTE secara komersial, pemilik G3 masih harus bersabar. Kartu SIM mikro yang diselipkan ke ponsel maksimal baru bisa mengakses layanan HSPA 42 Mbps. Memori G3 terdiri atas RAM 3 GB dan ROM 16 GB. Ruang penyimpanan internal ponsel menyatu dalam satu partisi yang diberi nama internal storage. Ponsel ini juga dibekali dengan baterai yang bisa dilepas. Untuk kapasitasnya mencapai 3000 mAh. (Vik/fia)